Paul McCartney dan Ringo Starr Rilis Single Terakhir

Paul McCartney dan Ringo Starr Rilis Single Terakhir

Dua personel The Beatles yang tersisa ini sedang mengerjakan single terakhir mereka, Now and Then. Single yang ditulis dan dinyanyikan mendiang John Lennon. -People-

HARIAN DISWAY - Popularitas The Beatles tak lekang dimakan zaman. Ratusan lagu diciptakan. Kini dua personel tersisa mengerjakan single terakhir mereka, Now and Then.

Judul lagu terakhir The Beatles yang ditulis dan dinyanyikan John Lennon sebelum kematiannya pada 1980. Lagu itu pernah dibawakan oleh tiga personel The Beatles: mendiang George Harisson, Paul McCartney, dan Ringo Starr pada dekade ’90an.

BACA JUGA: Album sonic/panic Libatkan 13 Musisi Rilis demi Membersihkan Indonesia

Tahun lalu dengan bantuan beberapa teknologi audio yang digunakan Peter Jackson untuk membuat film dokumenter Beatles, Get Back, Starr, dan McCartney mengerjakan lagu itu dan mampu memunculkan kembali vokal asli Lennon. "Itu dia suara John sangat jernih. Cukup emosional," kata McCartney dalam siaran pers. 

”Dan kita semua memainkannya. Itu adalah rekaman asli The Beatles. Cukup menarik pada 2023, kami menggarap musik Beatles dan merilis lagu baru yang belum pernah didengar publik,” katanya. "Rasanya seperti John berada di dekat kami. Jadi itu sangat emosional bagi kami," tambah Starr.

Now and Then akan dirilis pada 2 November 2023. Single itu menampilkan vokal Lennon serta gitar elektrik dan akustik yang dibawakan Harrison. Now and Then pernah direkam pada 1995. Starr mengisi bagian drum dan vokal latar baru. Sementara McCartney bernyanyi dan memainkan bass, piano, dan vokal latar. 

Dalam rekaman terbaru, gitar di trek, terdapat slide solo gitar ala Harrison. Telinga pendengar yang tajam juga akan dapat mendengar vokal latar dari rekaman asli lagu hits Beatles: Here, There and Everywhere, Eleanor Rigby, dan Because, yang telah dijalin secara halus ke dalam Now and Then.

Istri mendiang Harrison, Olivia Harrison, menyebutkan bahwa karena masalah teknis dengan demo Lennon, George berpikir tidak mungkin untuk menyelesaikan lagu tersebut dengan standar yang cukup tinggi. Itu disampaikan sebelum kematiannya pada 2001. 

"Jika ia berada di sini hari ini, Dhani (putra pasangan George dan Olivia, Red) dan saya tahu ia akan sepenuh hati bergabung dengan Paul dan Ringo dalam menyelesaikan rekaman Now And Then," ungkapnya.

Putra Lennon, Sean Ono Lennon, menyebut bahwa lagu itu sangat menyentuh. Apalagi mendengar The Beatles berkumpul lagi. "Ini adalah lagu terakhir yang dibuat bersama oleh ayahku, Paul, George, dan Ringo. Ini seperti kapsul waktu," katanya.

BACA JUGA: Yoko Ono Biang Perpecahan The Beatles, Begini Kata Paul McCartney

Menjelang perilisan lagu tersebut, The Beatles telah menampilkan proyeksinya di seluruh Liverpool, Inggris dan mengumumkan bahwa film dokumenter berdurasi 12 menit, Now and Then - The Last Beatles Song, dirilis pada 1 November di YouTube.

Dalam trailer teaser, McCartney merefleksikan persahabatannya dengan Lennon dan Harrison. "Betapa beruntungnya saya memiliki orang-orang itu dalam hidup saya," katanya.

Salinan fisik dari Now and Then akan menyertakan single debut band tersebut pada 1962, Love Me Do, referensi untuk awal dan akhir dari diskografi legendaris The Beatles. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: