Fokus Daerah 3T, Yayasan Tunas Bakti Nusantara Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Batuputih Daya

Fokus Daerah 3T, Yayasan Tunas Bakti Nusantara Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Batuputih Daya

Selama dua hari di Batuputih Daya, YTBN menggelar beragam kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan. Selain itu pelatihan guru, kemah perdamaian bersama Kwarnas Pramuka, sunatan massal, dan penyuluhan. -YTBN-

SEKALI LAGI, Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) menunjukkan komitmennya. Dalam mendukung pemerataan pembangunan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar atau 3T. Lewat program Bakti Nusantara.

Fasilitas air bersih untuk warga desa di Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Sumenep memang benar-benar dibutuhkan. Karena itu ketika diresmikan pada 1 Oktober 2023 lalu, program yang dijalankan YTBN bersama Kodim 0827/Sumenep itu disambut gembira warga setempat. Pasalnya, memperoleh air bersih makin mudah.
Ketua YTBN dr Teguh Dwi Nugroho SpB., Subsp.BVE(K) (kiri), Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edi Rasyadi M. Si dan Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si saat peresmian fasilitas air bersih. -YTBN-

BACA JUGA: Yuk Susul El Barack Ikutan Photo Contest #MowMoWish Sambut Anniversary ke-20 Momogi

Terletak di pesisir pantai dan perbukitan kapur, selama ini warga kesulitan mendapatkan air bersih. Khususnya pada musim kemarau yang biasanya sering kali mengalami kekeringan. Selama ini, mmasyarakat sekitar harus menadah air pada musim penghujan di tandon rumah mereka masing-masing.

Bahkan harus membeli dari beberapa pihak pemilik sumur. ”Setidaknya rata-rata warga harus mengeluarkan Rp 250 ribu setiap bulan untuk air bersih saja,” kata ketua YTBN dr Teguh Dwi Nugroho SpB., Subsp.BVE(K) yang didampingi Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Ir. Edi Rasyadi M. Si dalam peresmian.

Menurut dr Teguh, sejak September 2023 lalu, 60 relawan terlibat mengerjakan sumur bor sedalam 108 meter dengan pipa sepanjang 60 meter. Begitu rampung, kebutuhan warga mulai bisa disuplai. ”Mereka tak perlu lagi bingung untuk bisa menikmati air untuk keperluan sehari-hari. Mulai minum, memasak, sempai mencuci," ujarnya.
Dalam pelaksanaannya, YTBN selalu bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA), TNI, Polri, PGRI, serta berbagai instansi lainnya. Seperti di Pandeglang, Banten. -YTBN-

Buat YTBN, Bakti Nusantara di Batuputih Daya itu adalah yang ke-8 kalinya digelar. Sebelumnya kegiatan itu telah menyentuh masyarakat di daerah 3T. Semua bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjadi inspirasi dalam membangun peradaban yang maju dan berkarakter.

Sebagai organisasi inklusif yang dinisiasi IKASTARA, YTBN ingin menjadi penggerak bagi semua pihak terlibat dengan dilandasi semangat kebersamaan dan kepedulian. Dengan visi menjadi garda terdepan menjaga semangat gotong royong pada generasi penerus bangsa sebagai modal besar menuju Indonesia adil, makmur, dan sejahtera.

Dalam pelaksanaannya, YTBN selalu bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA), TNI, Polri, PGRI, serta berbagai instansi lainnya. Sudah lebih dari seribu sukarelawan pernah ikut berpartisipasi menjalankan program-program YTBN yang fokus pada prinsip keberlanjutan.
Sejak 2016, Bakti Nusantara hadir di beberapa daerah dengan program berbeda-beda. Seperti pada 2017, di Desa Sekon, Insana, Timor Tengah Utara, NTT. -YTBN-

Sejak 2016, Bakti Nusantara hadir di beberapa daerah dengan program berbeda-beda. Tergantung kebutuhan warga setempat. Pada 2017, di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Sekon, Insana, Timor Tengah Utara dengan membangun gedung baru untuk SMPN Sekon.

Pada 2020, membangun Asrama Yaro di SDN 1 Muko, Nabire, Papua. Pada 2016, kegiatan pertama dijalankan di Dusun Aik Mual, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada 2017. Pada 2018, berkegiatan Serang dan Pandeglang di Banten. Pernah di Natuna, Garut, Karangasem, Kupang, dan Kefamenanu.

”Termasuk mendukung program pemerintah Indonesia menggulirkan vaksinasi Covid-19 secara nasional, menjangkau lebih dari 250 ribu orang, dari Banda Aceh di Sumatera hingga Merauke di Papua,” terang dr Teguh.
Menggandeng Dinas Kesehatan Sumenep, YTBN melaksanakan peningkatan kapasitas guru bersama PGRI dan KGBN. -YTBN-

Di Batuputih Daya, YTBN menggandeng Dinas Kesehatan Sumenep untuk melaksanakan peningkatan kapasitas guru bersama PGRI dan KGBN di Desa Legung, Batang Batang, Sumenep. Ada kemah perdamaian bersama Kwarnas Pramuka, sunatan massal, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA: Harga Pangan Naik tapi Harga BBM Turun, Simak Harga Terbaru 4 November 2023!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: