Republik Rasa Kerajaan

Republik Rasa Kerajaan

Ilustrasi KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

ZAMAN Kemajuan: Inilah zaman kemajuan, ada sirup rasa jeruk dan durian, ada keripik rasa keju dan ikan, ada republik rasa kerajaan

Itu adalah baris puisi pendek berjudul Zaman Kemajuan oleh KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, kiai cum budayawan pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang. puisi itu dikutip pada acara pekan budaya di Taman Budaya Jawa Tengah, 31 Oktober 2023, dan menjadi viral di mana-mana.

Sebenarnya puisi itu puisi lama. Diciptakan Gus Mus semasa kekuasaan Orde Baru dan tidak didaur ulang oleh Gus Mus. Gaya kritik Gus Mus yang tajam tapi halus plus lucu membuat hadirin tertawa. Gus Mus bercerita bahwa ada puisi yang dibuatnya semasa Orde Baru

BACA JUGA:Kerisauan Netralitas

BACA JUGA:Partai Relawan

Puisi itu dibaca pada sebuah acara dan mengakibatkan ketua panitia acara diciduk aparat. Antologi puisi Gus Mus berjudul Puisi Balsem memang menyengat panas, tapi sebenarnya menyehatkan.

Gus Mus pun membaca puisi itu lengkap dari catatan di gadgetnya, tapi kemudian menutup gadget dan mengatakan bahwa ia tidak akan membacakan puisi itu lagi di kesempatan ini.

Gus Mus tidak ingin ketua panitia mengalami nasib yang sama dengan era Orde Baru. Hadirin tertawa karena Gus Mus sudah membaca puisi tersebut secara lengkap.

BACA JUGA:Gibran, Sjahrir, dan Muhammad Al-Fatih

BACA JUGA:Capres-Cawapres: Deklarasi Kesabaran

Netizen riuh rendah mengomentari puisi itu. Banyak yang mengira puisi tersebut ditujukan kepada Jokowi. Banyak yang mengira puisi itu sindiran terhadap Jokowi yang beberapa hari terakhir ini menjadi sasaran kritik karena manuver politik dinasti.

Banyak kalangan yang gerah oleh manuver Jokowi yang dianggap jelas-jelas mendorong anak mbarep Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi penerus dinastinya. Banyak seniman dan budayawan yang marah oleh manuver Jokowi dan menumpahkan kemarahannya secara terbuka.

Goenawan Mohamad alias GM, jurnalis cum budayawan, secara terbuka mengkritik Jokowi dan secara terang-terangan bersumpah akan menghentikan Jokowi dengan segala cara.

BACA JUGA:Populisme ala Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: