Berinteraksi di Era Digital: Pengalaman Magang dalam Produksi Konten Medsos di Surabaya TV

Berinteraksi di Era Digital: Pengalaman Magang dalam Produksi Konten Medsos di Surabaya TV

PENULIS berfoto bersama pendamping magang Candella Ghofi Atmaja.-Dok Pribadi-

HARIAN DISWAY - Magang adalah salah satu kegiatan yang harus dilalui setiap mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Melalui kegiatan itu, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan selama berada di perkuliahan. 

Selain itu, mahasiswa dapat mengiplementasikannya dalam lingkungan perusahaan atau lembaga yang mereka jadikan tempat magang.

Kegiatan magang tersebut memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa, khususnya mengenai bagaimana sistem dan realitas dunia kerja sebenarnya serta memahami lebih dalam tentang dinamika pekerjaan dalam praktiknya.

BACA JUGA: Hebatnya Mengukir Karier sebagai Social Media Specialist Melalui MBKM di PT Kencana Maju Bersama

BACA JUGA:Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Turut Kenalkan Musik Saronen via Media Sosial

Saya melakukan kegiatan magang di sebuah stasiun televisi lokal, yakni Surabaya TV, pada bagian media sosial. Surabaya TV merupakan saluran televisi lokal yang menjangkau wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya. 

Surabaya TV diluncurkan pada 31 Mei 2007, seiring dengan peringatan Ulang Tahun Ke-714 Kota Surabaya. Program siaran Surabaya TV tersedia setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 00.00 WIB.


PROSES produksi konten.-Dok Pribadi-

Sudah sebulan terhitung kegiatan magang yang saya jalani. Mulai 26 Juli 2023 hingga 30 Agustus 2023

Tugas saya saat proses kegiatan magang adalah membuat konten-konten informatif di media sosial Surabaya TV seputar berita di Surabaya maupun luar Surabaya. 

Job desc saya selama magang ini sangat berkaitan dengan peminatan saya, yaitu new media yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyalur informasi bagi masyarakat.

Tugas yang dikerjakan adalah proses produksi konten media sosial di Instagram berupa feed dan reels. Konten-konten itu berisi berita maupun informasi terkini, baik dari dalam Surabaya maupun nasional.

Pada kegiatan magang di Surabaya TV, saya sedikit memberikan kontribusi kepada pihak Surabaya TV dengan membantu proses produksi konten media sosialnya untuk memberikan efisiensi dan meringankan pekerjaan. 

Dengan demikian, hal itu dapat dimanfaatkan pihak Surabaya TV agar bisa lebih fokus dengan pekerjaan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: