Perilisan Portal Kursus Belajar PUSPA-Online: Mudahkan Pelatihan KUPS

Perilisan Portal Kursus Belajar PUSPA-Online: Mudahkan Pelatihan KUPS

Potret peserta yag sedang melakukan pembuatan akun pada perilisan PUSPA-Online pada Rabu, 08 November 2023-M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Peluncuran kursus media belajar yang dinamai Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial (PUSPA-Online) berupa website resmi yang bisa diakses sejak Rabu, 08 Oktober 2023. Diluncurkan pada hari ke-2 dalam gelaran Konferensi dan Kongres Perempuan dan Generasi Muda Penjaga Hutan.

PUSPA-Online ini merupakan hasil gagasan kolaborasi dari Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) Surabaya, The Asia Foundation (TAF), juga Citiasia sebagai pengelola website.

Program Direktur Citiasia Alam Surya Putra menjelaskan dalam sambutannya, media ini dibuat guna meningkatkan kapasitas pengelolaan perhutanan sosial yang responsif gender dan memperluas aksebilitas materi pelatihan perhutanan sosial.

“Selain itu, tujuan kita lainnya adalah untuk membantu pengembangan KUPS,” terang Alam dalam sambutannya.

BACA JUGA: Konferensi dan Kongres Perempuan dan Generasi Muda Penjaga Hutan Se-Indonesia, Diskusikan Apa?

KUPS sendiri merupakan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial yang sudah tersebar hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan mereka adalah menjaga dan mengelola sumber daya alam hutan menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.


Potret Direktur Citiasia Hari Kusdaryanto dalam penjelasan tentang PUSPA-Online pada Rabu, 08 Oktober 2023 di Premier Ballroom Hotel Santika Gubeng, Surabaya-M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

Acara perilisan dipandu langsung oleh perwakilan dari Citiasia Hari Kusdaryanto dan Desi Alamanda. “Citiasia sendiri di sini bertugas untuk mengembangkan platform atau alat yang bisa diakses untuk belajar memahami bagaimana menjalankan usaha perhutanan sosial,” terang Hari.

Perilisan PUSPA-Online ini diselenggarakan di Premier Ballroom Hotel Santika Gubeng, Surabaya yang disaksikan oleh 140 peserta dari 14 provinsi Indonesia. Resmi dirilis dengan dipandunya para peserta step by step untuk mendaftar akun dan bagaimana cara penggunaannya.

Mereka diarahkan langsung oleh Desi dengan menampilkan layar gawai yang sudah terhubung dengan videotron yang ada di panggung utama.

BACA JUGA: Tingkatkan Kapasitas Perempuan Penjaga Hutan, GFP Gelar Coaching Clinic dengan 7 Tema

Sebelum memandu untuk mendaftar, peserta diberikan informasi mengenai apa saja layanan dan fitur yang tersedia dari laman ini.

Layanan yang tersedia adalah website khusus dan kursus dengan 5 tema yang disediakan. Di antaranya adalah pemasaran dan kemasan produk.


Perwakilan Citiasia Desi Alamanda saat memberikan arahan kepada peserta mengenai tata cara pendaftaran dan penggunaan PUSPA-Online -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

Sedangkan untuk fitur, website ini menyediakan produksi konten video pembelajaran yang bisa menjangkau akses pasar dan permodalan bagi KPS dan KUPS. Juga ada pembuatan halaman website khusus yang menyediakan menu artikel untuk publikasi kegiatan terbaru.

Setelah mengetahui layanan, peserta diberitahukan tata cara mendaftar mulai dari mengisi email, identitas diri, hingga asal KPS atau KUPS. Jika tidak memiliki akun, mereka tidak bisa mengikuti kursus dan mendapat sertifikat.

Desi menyebutkan syarat untuk mendapat sertifikat adalah dengan menyelesaikan seluruh materi dan mengisi review kursus. Setelah itu sertifikat akan muncul di sebelah menu pelajaran.

“Dari PUSPA-Online ini mereka bisa mendapat berbagai pelatihan sesuai peminatan tanpa biaya, biasanya kan kursus online pada umumnya berbayar, tapi ini tidak,” terang Ketua Panitia juga Direktur PUPUK Surabaya Ike Sulistiowati.

Ia berharap bahwa portal pembelajaran secara daring ini bisa membantu meningkatkan kapasitas para pegiat KPS maupun KUPS yang ada di seluruh Indonesia. (Wafiqul Azizah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: