5 Destinasi Wisata Edukasi Surabaya yang Cocok untuk Rayakan Hari Pahlawan

5 Destinasi Wisata Edukasi Surabaya yang Cocok untuk Rayakan Hari Pahlawan

Patung Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di gerbang masuk Tugu Pahlawan Surabaya. -Sahirol Layeli/Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya punya beragam jenis wisata. Salah satunya wisata edukasi atau wisata sejarah.

Ya, kota Surabaya yang berusia lebih dari 700 tahun ini menyimpan beragam situs sejarah yang tersebar di berbagai sudutnya.

Apalagi, pada 10 November 1945, terjadi peristiwa besar yang turut membentuk sejarah berdirinya negara Indonesia: pertempuran 10 November. Makin tinggi saja nilai historis kota ini.

BACA JUGA: Festival Soeroboyo Wani, Hadirkan Drama Kolosal Tragedi Jembatan Merah

Nah, mumpung masih dalam suasana peringatan Hari Pahlawan, plus Minggu pagi pula, tidak ada salahnya mengunjungi 5 destinasi wisata edukasi di Surabaya yang kami rekomendasikan ini.

Karena masih di dalam kota, ongkosnya tidak mahal. Anda bisa naik kendaraan pribadi atau bus. Pulang-pulang jadi tambah wawasan. Ya, wisata Surabaya bisa seseru itu.

Lebih seru lagi kalau mengunjungi tempat-tempat ini bersama buah hati atau keponakan yang masih SD. Akan memberikan mereka pengalaman yang mengesankan. Selamat jalan-jalan.

BACA JUGA: Parade Surabaya Juang 2023 Sukses Digelar, Semua Sesuai Jadwal

BACA JUGA: Mural Suro Boyo Karya Djayanti Jadi Highlight Gerai Ketujuh Change-making Beauty Store di Surabaya

1. Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November


Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) mengunjungi pameran bersama Cross Musea (Pameran 4 Museum) yang digelar di Museum 10 November di halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/11/2022).-Julian Romadhon-Harian Disway

Bangunan ini diresmikan pada 10 November 1951 oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Monumen dan museumnya berada di atas tanah seluas 1,3 hektare. Dan menjadi salah satu ikon Kota Pahlawan.

Tempat wisata ini berada di Jl Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Museumnya terdiri dari dua lantai. Dan menjadi satu-satunya tempat bersejarah di Indonesia untuk mengenang peristiwa 10 November di Surabaya.

Di dalam museum, terpampang berbagai barang bersejarah dari masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Misalnya foto-foto dokumen, diorama, hingga rekaman pidato Bung Tomo saat memimpin perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber