Ini 10 Gejala Tak Umum Penyakit Diabetes, Banyak yang Tak Menyadari

Ini 10 Gejala Tak Umum Penyakit Diabetes, Banyak yang Tak Menyadari

Ini 10 gejala tak umum penyakit diabetes. Banyak yang tak menyadari. Ilustrasi yang mengungkap diabetes sebagai penyakit berbahaya. [email protected]

Infeksi Staphylococcus (staph) adalah beberapa infeksi bakteri yang paling umum. Infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida (sejenis jamur) dapat terjadi. Infeksi jamur yang umum termasuk penyakit kutu air, gatal di selangkangan, kurap, dan infeksi jamur vagina.

Saluran kemih adalah tempat umum terjadinya infeksi. Diabetes dapat mempengaruhi saraf sampai pada tingkat ketika kandung kemih tidak lagi bisa dikosongkan.

4. Penglihatan Kabur

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi perubahan penglihatan. Kelebihan gula merusak pembuluh kecil di mata dan menyebabkan perubahan cairan, sehingga memengaruhi kejernihan penglihatan. 

Beberapa perubahan penglihatan paling awal mungkin termasuk penglihatan kabur atau kesulitan membaca atau melihat objek jauh.

Perubahan penglihatan bisa memburuk jika tidak ditangani. Penderita diabetes yang mengalami gejala itu biasanya melihat bintik-bintik atau garis-garis gelap yang mengambang.

5. Perubahan Pendengaran

Diabetes menggandakan risiko gangguan pendengaran. Gula darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah kecil dan saraf di telinga bagian dalam.

Gula darah rendah dalam jangka panjang dapat merusak cara telinga bagian dalam yang bertugas mengirimkan sinyal saraf ke otak.

6. Mengompol pada Anak

Timbulnya gejala diabetes tipe 1 pada anak bisa terjadi secara tiba-tiba dan menjadi darurat medis jika tidak ditangani.

Misalnya, anak-anak yang sudah terlatih menggunakan toilet dan dapat tidur sepanjang malam tanpa mengompol, biasanya mulai mengompol beberapa kali dalam seminggu. 

Situasi itu disebut enuresis nokturnal, yang mungkin merupakan salah satu tanda pertama diabetes tipe 1. Enuresis nokturnal merupakan gejala khas diabetes tipe 1 pada anak-anak.

Namun, bukan penyakit yang biasanya secara otomatis dikaitkan dengan diabetes tipe 1. Meningkatnya rasa lapar dan haus, serta penurunan berat badan, biasanya menyertai peningkatan buang air kecil. 

7. Napas Buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: