Fin Komodo, Mobil Offroad Karya Anak Bangsa, Melaju di Osing Wonderland

Fin Komodo, Mobil Offroad Karya Anak Bangsa, Melaju di Osing Wonderland

Fin Komodo, mobil offroad karya anak bangsa, melaju di Osing Wonderland. Fin Komodo melaju dengan mudah di berbagai medan. Mobil tersebut buatan dalam negeri.-Fin Komodo-

BANYUWANGI, HARIAN DISWAY - Pada Sabtu, 18 November 2023, para stakeholder pariwisata BANYUWANGI berkumpul di Osing Wonderland, Desa Gumuk, Kecamatan Licin, BANYUWANGI. Mereka melakukan uji coba test drive mobil Fin Komodo, kendaraan offroad karya anak bangsa. 

Mobil offroad itu diproduksi sejak tahun 2008 oleh PT Fin Komodo Teknologi. Yakni perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang rekayasa dan teknologi. Perusahaan tersebut bermarkas di Kota Cimahi Jawa Barat. 

Dalam perjalanannya, PT Fin Komodo menangani berbagai bidang, seperti desain dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistem otomasi. 

BACA JUGA:KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991, RS Terapung TNI-AL Karya Anak Bangsa

Sebelum mengembangkan mobil offroad, Ir H Ibnu Susilo, perancang Fin Komodo, pernah terlibat dalam membuat rancangan pesawat terbang N-250, produk dari PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).


Fin Komodo, mobil offroad karya anak bangsa, melaju di Osing Wonderland. Fin Komodo saat diuji coba di Osing Wonderland.-Fin Komodo-

"Nama Fin merupakan singkatan dari 'Formula Indonesia'. Sedangkan nama Komodo digunakan sebagai bentuk apresiasi terhadap keberadaan reptil langka endemik asli Indonesia," ujar Ibnu.

Baginya, juga bagi para stakeholder pariwisata, wisata offroad menjadi salah satu alternatif potensi wisata petualangan yang diprediksi akan berkembang pesat di Indonesia. 

Hal itu disebabkan oleh karakteristik alam Nusantara yang kaya dengan variasi kontur dan bentang alam. Seperti gunung, pegunungan, lembah, ngarai, bukit, perbukitan, daratan tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, sampai patahan dan lipatan.

Kontur geografis semacam itu salah satunya terdapat di Osing Wonderland, Banyuwangi. Kawasan itulah yang dipilih untuk test drive Fin Komodo.

"Fin Komodo dibuat dengan menggunakan metode perancangan pesawat terbang, dalam desain aerodinamika, kalkukasi endurance rangka, dan lain-lain. Sehingga dengan mesin yang hanya 250 cc, mobil ini irit sekali dalam konsumsi bahan bakar," ujar Rofiq Machmoed, Dirut PT Multiverse Offroader Nusantara, authorized dealer Fin Komodo yang memiliki homebase di Kota Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA:Tiga Hari Road Trip, Prodi Destinasi Pariwisita UNAIR ke Banyuwangi Sambang 3 Desa

Menurutnya, satu liter bensin dapat mencapai jarak tempuh 20 kilometer. Fin Komodo pun bertransmisi matic yang mudah dioperasikan siapa saja. Seperti terlihat dalam acara test drive di Osing Wonderland. Para perempuan ikut menjajal mengemudi dan tak mengalami kesulitan yang berarti.

"Saya tidak mengalami kesulitan saat mencoba mengemudikan Fin Komodo di Osing Wonderland. Medan di sini berkontur perpaduan bukit, dan lembah, berupa kebun, sawah hingga sungai. Tak masalah," ujar Novita Komalasari, Direktur PT Holistik Nusantara Group, yang saat itu menjajal test drive. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: