Nama Mahmoud Darwish Kembali Viral, Penyair Palestina dan Kisah Cintanya dengan Agen Intelijen Mossad Israel

Nama Mahmoud Darwish Kembali Viral, Penyair Palestina dan Kisah Cintanya dengan Agen Intelijen Mossad Israel

Kisah cinta penyair Palestina Mahmoud Darwish yang berakhir tragis karena terhalang konflik dua negara Palestina-Israel kembali viral di X pada 25 November 2023 -@blackcatro-

“Kamu punya rumah, tapi aku tak punya. Kamu punya perayaan, tapi aku tak punya. Mengapa kita tak bisa bermain bersama,” tulisnya dalam puisi Drawing On The Wall. 

Nama Darwish semakin terkenal semenjak bergabung menjadi jurnalis di Haifa, karena syair-syairnya berhasil menginspirasi seluruh warga Palestina untuk berjuang melawan zionis Israel. 

BACA JUGA:Gencatan Senjata Israel - Hamas Tertunda Sampai Jumat, Negosiasi Pembebasan Sandera Belum Mencapai Titik Temu


Kisah Cinta Mahmoud Darwish yang tragis karena terhalang konflik dua negara Palestina-Israel kembali viral di X pada 25 November 2023 -Akun X @bydarwish-

Namun, siapa sangka ketenarannya akan mempersulit hidupnya sekaligus kisah cintanya. 

Sampai puncaknya pada tahun 1987, Darwish resmi diangkat sebagai Komite Eksekutif Organisasi Kebebasan Palestina (PLO), di tengah memanasnya konflik antara Israel dan Palestina.

Hal itu, rupanya berhasil membuat hubungan Darwish dan Ben Ami merenggang. 

Apalagi, setelah terkuaknya fakta Ben Ami yang telah bergabung pada pasukan Tentara IDF sejak tahun 1967. Sehingga membuat hubungan mereka semakin tidak memungkinkan.

Pada akhirnya, kisah cinta mereka pun kandas di tengah jalan. Meninggalkan Darwish yang berjuang penuh untuk negaranya, meskipun harus mengorbankan cintanya.

Kisah tragis percintaan Mahmoud Darwish tersebut, lantas akhirnya diabadikan olehnya dalam sebuah puisi bertajuk Rita and The Riffles yang diterbitkan pada tahun 1969.

Rita yang ia sebut dalam puisi itu sejatinya adalah Tamar Ben Ami, kekasih rahasia nya.

Puisi tentang Ben Ami tersebut merupakan puisi seri ke-3 dari tajuk Rita.

Puisi pertama berjudul Rita diterbitkan pada tahun 1963. Lalu, puisi kedua bertajuk Rita, Your Eyes terbit pada tahun 1966. 

Dalam puisi Rita and The Riffles, Darwish menggambarkan sosok Ben Ami sebagai Rita, kekasihnya. 


Puisi Mahmoud Darwish bertajuk Rita ditujukan untuk kekasihnya yang berasal dari Israel Tamar Ben Ami -Akun X @ayurngrm-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: