Membangun Generasi Emas melalui Wirausaha Merdeka 2023: Jadi Wirausahawan Harus Berani Gagal!

Membangun Generasi Emas melalui Wirausaha Merdeka 2023: Jadi Wirausahawan Harus Berani Gagal!

Pembicara Bapak Wayan Supadno dan Bapak Awaluddin Arief memaparkan pengetahuan mereka tentang wirausaha. -Alhamdy Denny Candra-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pada 2-3 Desember 2023, Atrium Royal Plaza Surabaya menjadi saksi acara inspiratif Airlangga Collaborative Enterpreneur Camp, Pameran Wirausaha Merdeka 2023. Acara itu bertujuan membangun generasi emas Indonesia melalui semangat berwirausaha.

Acara ini tidak hanya menghadirkan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjajal keterampilan kewirausahaan, tetapi juga mendapatkan ilmu daging dari para pelaku wirausaha yang telah sukses di bidangnya.

BACA JUGA: W.Essentiels dan One Piece Hadirkan Peluncuran Eksklusif Lokaborasi Spesial di Shopee 12.12 Birthday Sale

Dengan mengusung tema yang masih sejalan dengan acara, yakni: Membangun Generasi Emas melalui Ekosistem Wirausaha, pembicaraan pada talkshow tersebut mengalir kembahas permasalahan wirausaha di Indonesia. 
Suasana kegiatan Pameran Wirausaha Merdeka Universitas Airlangga 2023 di Atrium Royal Plaza. -Alhadmy Denny Candra-


Talkshow ini menampilkan pembicara ulung Wayan Supadno. Iapengusaha sukses yang telah membuktikan bahwa kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan.

Bersama dengannya Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Surabaya M Awaludin Arief. Ia turut memberikan perspektif pemerintah terhadap peran wirausaha dalam memajukan ekonomi lokal.

Wayan menyampaikan pesan penting kepada peserta bahwa untuk membentuk ekosistem wirausaha, salah satu caranya menjadi wirausahawan tidak hanya tentang kesuksesan tetapi juga keberanian untuk gagal dan rugi. "Jadi pengusaha itu harus berani gagal!" ujar Wayan.

Ia bahkan menganggap bahwa wirausahawan harus dan wajib mencicipi rasanya terkena tipu, menegaskan bahwa setiap kegagalan membawa pelajaran berharga untuk membangun karier wirausaha yang tangguh.

Hal tersebut didukung oleh Awaluddin. Untuk menuju Indonesia Merdeka 2045 melalui pembentukan ekosistem wirausaha, kira-kira dibutuhkan 4 persen para pelaku wirausaha di Indonesia untuk mencapai tujuan.

Mereka harus sudah siap di masa yang akan datang menghadapi puncak demografi yang menjadi tujuan. Ia mengutip kata-kata dari Dahlan Iskan bahwa, "Setiap orang pasi punya jatah gagal".

Untuk itu, kita harus memanfaatkan jatah gagal di usia muda agar nanti di masa dewasa, hanya tinggal menikmati apa yang telah diusahakan. 
Suasana kegiatan Pameran Wirausaha Merdeka Universitas Airlangga 2023 di Atrium Royal Plaza. -Alhamdy Denny Chandra-


Tak hanya dari para pembicara, pertanyaan menarik dari pengunjung juga menjadi highlight acara. Salah satu pertanyaan yang mencuri perhatian adalah tentang bagaimana cara menjadikan mindset berwirausaha sebagai budaya untuk menuju Indonesia emas.

Jawabannya datang dengan tegas dari Wayan. "Kita harus berpikir kalau jadi pengusaha itu mulia!," katanya. Jawaban tersebut merangkum esensi dari budaya berwirausaha yang diinginkan dalam masyarakat.

BACA JUGA: Ketua Kadin Surabaya Apresiasi Keberhasilan Program Wirausaha Merdeka 2023 di PPNS

Menurut Wayan, menjadi pengusaha adalah panggilan mulia yang tidak hanya menghasilkan keuntungan finansial, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada pembangunan negara.

Menjadi pengusaha baginya adalah cita-cita mulia, karena bisa menjadi pihak yang dapat membantu ketika orang lain membutuhkan. (Salma Dhiya Ulhaq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: