Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

PROGRAM kuis Arisan di salah satu TV swasta nasional.-Dok Pribadi-

Ranking 1 merupakan salah satu program acara edukasi dari Trans TV yang menyajikan acara kuis dan game show yang diikuti puluhan peserta untuk berkompetisi menjawab semua pertanyaan dengan benar hingga menjadi dua kontestan terbaik. 

Acara Ranking 1 pada masa itu dipandu oleh pembawa acara Ruben Onsu, Sarah Sechan, hingga Pampham. Format kuisnya terdiri atas ujian awal, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian akhir nasional. 

Acara Ranking 1 telah diikuti berbagai kalangan, mulai siswa SD, SMP, SMA, hingga komunitas tertentu. Suksesnya acara itu menarik perhatian banyak penonton sembari terhibur. Acara itu juga menginspirasi untuk mengasah kecerdasan masyarakat mengenai ilmu pengetahuan.

 

Berpacu dalam Melodi

Berpacu dalam Melodi adalah salah satu acara kuis yang memiliki ciri khas yang pernah ditayangkan di televisi. Bagaimana tidak, acara yang diselenggarakan itu bertema musik.

Kuisnya bertujuan menguji pengetahuan musik para peserta. Program Berpacu dalam Melodi mulanya dibawakan Koes Hendratmo pada 1988, lalu dilanjutkan Armand Maulana sebagai pembawa acara dan dikemas ulang secara modern oleh Net TV dengan dipandu David Bayu. 

Dalam acara tersebut terdapat berbagai cara penyajian kuisnya, seperti menebak lagu berdasar melodinya, mencocokkan lirik lagunya, hingga menebak wajah musisi yang gambarnya sengaja diburamkan di dalam layar. 

Hal itu makin memberikan atensi lebih untuk penikmat musik karena melalui kuis musik itulah para penonton merasa terhibur dan merasa terpuaskan hasratnya dengan turut menjawab pertanyaan dari kediaman masing-masing.

 

Arisan

Arisan menyajikan kuis bertajuk komedi. Arisan merupakan sebuah program acara dari Trans 7 yang dipandu Surya Insomnia yang identik dengan kocokan. 

Mengapa identik dengan kocokan? Sebab, acara tersebut mengusung kegiatan arisan yang biasa dilakukan ibu-ibu. Fungsi kocokan ialah menentukan hadiah apa yang akan dibawa pulang para peserta. 

Arisan menampilkan acara yang dipimpin kapten dari kalangan selebritas dan pesertanya yang mayoritas berasal dari ibu-ibu. Acara itu dikemas dengan dengan berbagai humor yang di dalamnya menampilkan berbagai game yang dapat menambah wawasan sekaligus menghilangkan stres karena tingkah nyentrik para kapten tim yang beradu argumen dengan sang pembawa acara Surya Insomnia. 

Program acara Arisan di Trans 7 tersebut layak dipertahankan. Sebab, selain menghibur, para penonton jadi lebih mudah untuk memahami ilmu pengetahuan yang sebelumnya mungkin belum banyak diketahui orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: