Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

PROGRAM kuis Arisan di salah satu TV swasta nasional.-Dok Pribadi-

Tak dapat dimungkiri, adanya berbagai variasi kuis di dalam televisi dapat menimbulkan banyak pro dan kontra dalam masyarakat. 

Memang benar dari acara kuis masyarakat luas dapat lebih mudah memahami teori ilmu pengetahuan yang dibawakan secara menarik dan ringan, daripada memahami pelajaran dalam bidang studi pendidikan. 

Selain memberikan hiburan yang menarik, acara kuis itu secara tidak langsung mengajak audiens agar bergabung dengan acara tersebut untuk meraih hadiah utama.

Namun, ada beberapa penonton juga yang merasa kecewa atas acara tersebut karena dianggap tidak fair dan tidak sesuai dengan hadiah yang didapat peserta. Hal tersebut disetujui beberapa peserta sebelumnya yang mengikuti acara kuis. 

Mereka diharuskan mengikuti syarat dan ketentuan yang sedikit rumit karena katanya semua sudah sesuai prosedur perusahaan atau stasiun TV. Selain itu, penyelanggara acara turut merasakan berkurangnya peminat dari program acara kuis itu dan merasa sulit untuk menangkap penonton jenis itu. 

Kuis show sering menghadirkan interaksi antara peserta dan televiewer. Pasalnya, tayangan kuis merupakan peluang televisi dapat berinteraksi langsung dengan penontonnya, baik dalam kuis secara online maupun di dalam acara tayangan kuis show

Acara kuis show dapat berkembang dan merambah dengan menawarkan konsep yang unik sehingga menjadi sorotan menarik bagi audiens. 

Selain meramaikan kembali dunia pertelevisian di Indonesia, tayangan kuis secara tidak langsung dapat mencerdaskan masyarakat luas dan memberikan pengetahuan ke daerah daerah terpencil yang sekiranya susah untuk dijangkau pemerintah dalam bidang pendidikan. 

Salah satu cara lain untuk berinteraksi langsung dengan audiens ialah memberikan giveaway atau kuis telepon interaktif dengan memberikan hadiah kepada sang pemenang kuis. (*)

 

*) Penulis adalah Vania Abigail P.A., M. Ivan Hariansyah, Farhan Rasyid, dan Bagus Angga S.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: