Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

Tayangan Kuis sebagai Jalan Pintas Terbaik untuk Menambah Wawasan Masyarakat Luas

PROGRAM kuis Arisan di salah satu TV swasta nasional.-Dok Pribadi-

KIRA-KIRA siapa nih yang masih mengikuti program acara di TV? Siapa di antara kalian yang suka menonton program TV yang berupa quiz show

Televisi dikenal sebagai media massa pertama yang dapat menyebarkan informasi atau pesan kepada masyarakat luas dalam bentuk audio visual. Ada berbagai program acara di dalam stasiun TV.

Mulai berita, kartun, ajang pencarian bakat, hingga sinetron. Terlepas dari semua itu, kuis juga salah satu program TV yang tak terhilangkan dari masa ke masa.

BACA JUGA: Sakura School Simulator, Game 18+ yang Viral di Kalangan Anak-Anak, Apa Saja Dampaknya?

Sejarah Singkat Televisi

Pengertian media televisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah saluran resmi sebagai alat komunikasi yang menyiarkan audio visual untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas. 

Dunia pertelevisian di Indonesia mulai mengudara pada 24 Agustus 1962. Dimulai dengan stasiun nasional, yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI). Lalu, diikuti stasiun televisi lain yang bermunculan hingga sekarang jumlahnya mencapai ratusan. Baik stasiun televisi umum, jaringan, satelit, nasional, maupun swasta. 

Mereka memiliki program siaran menurut khas masing-masing. Dengan berkembang pesatnya teknologi televisi sekarang, stasiun televisi dapat memahami perilaku/minat penontonnya.

BACA JUGA: Mantan Pemain Lakers Menang Hadiah 455 Juta Rupiah dari Kuis Legendaris

Program televisi di Indonesia makin bervariasi dengan adanya program berita dan pendidikan, program hiburan berupa sinetron, acara musik, kartun, dan realitas. Namun, tidak banyak stasiun televisi yang menyiarkan program acara mengenai kuis. 

Program televisi kuis itu sendiri dikemas menjadi acara yang menampilkan sesi tanya jawab yang harus dijawab peserta untuk memenangkan hadiah. Dari masa ke masa acara kuis berkembang dengan bermacam penyajian: mulai kuis pengetahuan umum, tebak gambar, teka-teki silang, hingga tebak lagu. 

Di televisi Indonesia ada beberapa acara kuis legendaris dan hingga kini terdapat kuis modern yang menghibur. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  

Ranking 1 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: