Anak dan Skandal, 2 Faktor Penyebab Franz Beckenbauer Menarik Diri dari Publik

Anak dan Skandal, 2 Faktor Penyebab Franz Beckenbauer Menarik Diri dari Publik

ANAK dan skandal, 2 faktor penyebab Franz Beckenbauer menarik diri dari publik. -AFP-

Beckenbauer saat itu menjabat sebagai presiden komite Piala Dunia Jerman. Ia menyatakan bertanggung jawab atas pembayaran uang tersebut ke FIFA. Tapi menyangkal bahwa uang itu digunakan untuk mengamankan kans Jerman menjadi host.

"Saya, sebagai Presiden Komite Piala Dunia, bertanggung jawab atas kesalahan ini," kata Beckenbauer seperti dilansir Bild.

"Untuk mendapatkan dukungan finansial dari FIFA, saran dari komisi finansial FIFA yang diikuti dengan (kejadian transfer itu) seharusnya kami tolak. Tidak ada suara yang dibeli untuk memenangkan kami menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006," papar pria yang pernah meraih Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih tersebut.


ANAK dan skandal, 2 faktor penyebab Franz Beckenbauer menarik diri dari publik.-DFB-

BACA JUGA:Godaan Bayern Munchen untuk Harry Kane: Trofi Pertama

BACA JUGA:Manchester City Tertarik Bek Bayern Munchen: Pertukaran Bek Kanan?

Presiden DBF kala itu, Wolfgang Niersbach, dituduh mengetahui kejadian pengiriman uang ke FIFA. Ia juga mengaku salah. Ia harusnya menginformasikan kepada rekan dan anak buahnya tentang aturan main yang berkaitan dengan penunjukan host.

Pada akhirnya, Beckenbauer, Niersbach, Theo Zwanziger, dua mantan sekjen DFB, serta mantan sekjen FIFA diinivestigasi.

Dalam penyelidikan itu, penegak hukum Swiss menemukan bukti pembayaran EUR 1,7 dari federasi sepak bola Afrika Selatan ke Beckenbauer via Gibraltar. Uang itu diklaim sebagai fee konsultasi Afsel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

BACA JUGA:Neuer Patah saat Main Ski, Bayern Munich Ketar-Ketir Cari Pengganti

Ditemukan juga bahwa Beckenbauer, yang mengaku bekerja sebagai Presiden Komite Piala Dunia Jerman tanpa dibayar, ternyata menerima duit sebesar EUR 5,5 juta.

Itu adalah uang sponsor dari bandar judi Oddset yang masuk ke DFB pada 2004. Uangnya tidak masalah. Tapi, ia tidak membayar pajak di Jerman sampai keberadaan uang itu dicium pemerintah pada 2010. Beckenbauer mengaku sudah membayar pajak di Austria. Karena di sana ia juga jadi wajib pajak.


ANAK dan skandal, 2 faktor penyebab Franz Beckenbauer menarik diri dari publik. Foto: Franz Beckenbauer dan keluarga pada 2022.-Getty Images-The Sun

BBC menyatakan, saat itu Beckenbauer sudah sakit-sakitan gara-gara meninggalnya Stephan pada 2015. Dan situasi yang membelitnya membuat kondisi kesehatannya makin menurun.

BACA JUGA:Harry Kane Cetak Rekor Hattrick, Bayern Cukur Borussia Dortmund 4-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber