Perkembangan Produksi Film dan Home Video: Menjelajahi Era Baru Hiburan Digital

Perkembangan Produksi Film dan Home Video: Menjelajahi Era Baru Hiburan Digital

Ilustrasi era baru hiburan digital.-Dok Pribadi-

HARIAN DISWAY - Industri film dan video rumahan telah mengalami perubahan signifikan selama beberapa dekade terakhir. Peralihan dari film fisik seperti kaset VHS dan DVD ke dunia digital telah memicu perkembangan besar. 

Industri film saat ini berada pada puncaknya. Segalanya menjadi lebih mudah di era digital ini. Kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen telah menunjukan betapa mudahnya dalam mengakses film menggunakan smartphone, laptop, atau iPad. 

BACA JUGA: Jejak Evolusi Rekaman Musik Menuju Dominasi Aplikasi Pemutar Musik Modern

Mengapa digitalisasi bisa memengaruhi industri fim?

Teknologi digital telah secara dramatis mengubah cara film diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi. Kamera digital memungkinkan akses produksi film dengan mudah dan memungkinkan proses pengeditan dilakukan menggunakan perangkat lunak khusus seperti Adobe Premiere Pro. 

Teknologi digital juga membawa kemajuan dalam penggunaan efek visual menggunakan CGI (computer generated imagery). Itu membuat film terlihat lebih realistis dan efek visual dalam film memberikan pengalaman yang imersif bagi penonton di bioskop. 

BACA JUGA: Antara Kreativitas dan Etika Dunia Periklanan

Era Format Fisik dan Awal Digitalisasi

Pada era format fisik, kaset VHS menjadi pusat perhatian sebagai media penyimpanan utama. Kemudian, DVD yang menggantikan VHS menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dan fitur interaktif. 

Perkembangan itu memberikan pengalaman menonton yang lebih terkontrol bagi penontom di rumah. Namun, pada awal tahun 2000-an, transisi menuju digitalisasi dimulai. 

Munculnya platform streaming seperti Netflix, Hulu, Disney, dan Amazon Prime Video telah mengantarkan era baru konsumsi konten. 

BACA JUGA: Bioskop hingga Smartphone: Transformasi Konsumsi Film

Tidak lagi terikat pada DVD fisik, pemirsa kini dapat menikmati ribuan judul film dan acara TV melalui platform streaming yang ada. Itu membuat kegiatan menonton film menjadi lebih mudah dan menawarkan ribuan film untuk ditonton di mana saja.

BACA JUGA: Efektivitas Internet bagi Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: