Mengenal Tradisi Adat Istiadat Berbedak Pengantin dalam Pernikahan Pangeran Mateen

Mengenal Tradisi Adat Istiadat Berbedak Pengantin dalam Pernikahan Pangeran Mateen

Upacara Adat Berbedak sebagai rangkaian pernikahan Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah, Rabu, 10 Januari 2024--RTB News

HARIAN DISWAY - Pangeran Brunei Darussalam, Abdul Mateen tengah menjalani serangkaian kegiatan pernikahannya. Didalam rangkaian tersebut terdapat adat istiadat Berbedak Pengantin yang berlangsung Rabu, 10 Januari 2024 di Istana Nurul Iman, Brunei.

BACA JUGA: Sah! Pangeran Mateen Resmi Menikah dengan Mahar Rp 11,7 Juta

Menjelang akad nikahnya, Pangeran Mateen melaksanakan adat istiadat Berbedak Pengantin. Melalui update Radio Television Brunei, pria yang akrab dikenal Prince Mateen ini tampak menawan mengenakan baju tradisional serba merah dengan hiasan warna emas. 

Pangeran Mateen duduk dengan tangan menengadah, lalu keluarga maju untuk melumuri tangan Pangeran Mateen dengan bahan-bahan seperti tepung beras, kunyit, dan cendana. Prosesi itu dilakukan sebagai simbol pembersihan dan kesiapan memasuki jenjang pernikahan.

Sementara, Anisha Rosnah, calon istri Pangeran Mateen nampak cantik mengenakan baju dan rok serba merah serta menggunakan mahkota emas. Prosesi yang dilakukan pun sama dengan Pangeran Mateen.

BACA JUGA: Kalah Telak dari Indonesia, Pelatih Brunei Darussalam Tidak Bisa Berkata-kata

Kerajaan Brunei sangat erat dengan tradisi Berbedak Pengantin, hal itu juga diterapkan tepat tahun 2023 lalu, dimana Princess Azemah dan Prince Bahar tengah melakukan prosesi tersebut menjelang hari pernikahannya. Kini tradisi tersebut kembali dilakukan dalam pernikahan Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah. (Jessica Laurent)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: