Kelompok Kandangan 2 Unair Ajak Anak-Anak ke Masa Lalu hingga Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi

Kelompok Kandangan 2 Unair Ajak Anak-Anak ke Masa Lalu hingga Sulap Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi

KELOMPOK Kandangan 2 Unair ajak anak-anak ke masa lalu hingga sulap minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi.-Dok Pribadi-

Lentera merupakan program kerja yang memanfaatkan minyak jelantah diubah menjadi barang bernilai guna, yaitu lilin aromaterapi. 

BACA JUGA: WOW! Unair Borong 10 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

Kegiatan tersebut bertujuan mengolah limbah yang membahayakan lingkungan yang menyasar ibu-ibu PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga). 

Antusiasme ibu-ibu sangat terpancar. Mereka aktif bertanya dan mencatat tahap demi tahap proses pembuatan lentera. 

Program selanjutnya adalah Dalekung. Itu merupakan kegiatan budi daya dalam ember sebagai media budi daya lele dan kangkung. Sama dengan Lentera, kegiatan tersebut diwarnai dengan antusiasme ibu-ibu PKK yang sangat aktif bertanya terkait setiap detail proses pembuatan. 

BACA JUGA: Pusat Halal Unair Bantu 4.563 UMKM Sertifikasi Produk

Sementara itu, sertifikasi halal gratis dan digitalisasi UMKM menjadi program kerja Kelompok Kandangan 2 dalam bidang ekonomi. 

Itu menyasar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) se-Kelurahan Kandangan dengan memfasilitasi sertifikasi halal gratis dan pemberian sosialisasi terkait konsep dan tata cara atau strategi pemasaran produk melalui media elektronik atau digital. 

Kegiatan tersebut menggandeng Pusat Halal Unair dan mendatangkan narasumber seorang dosen dengan fokus manajemen pemasaran dari Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga. 

BACA JUGA: Studi Lapangan di Desa Margomulyo, Unair dan Disperpusip Jatim Gali Potensi Wisata Samin

Selanjutnya, dalam bidang kesehatan, dilaksanakan program kerja One Health: Animal Health, Our Health yang merupakan seminar tentang pentingnya kesehatan hewan terhadap kesehatan manusia. 

Kegiatan itu dihadiri ibu-ibu PKK yang aktif bertanya dan sangat antusias mengikuti kegiatan. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: