Bernilai Rp 1,2 Triliun, Jokowi Resmikan SPAL-DT Untuk Atasi Pencemaran Lingkungan

Bernilai Rp 1,2 Triliun, Jokowi Resmikan SPAL-DT Untuk Atasi Pencemaran Lingkungan

Jokowi resmikan proyek SPAL-DT di Kota Makassar--website setneg.go.id

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) yang berlokasi di Losari, Kota Makassar pada Kamis, 22 Februari 2024 kemarin. 

Jokowi menekankan pentingnya sistem ini untuk pengelolaan air limbah cair agar lebih ramah lingkungan.

Sistem pengelolaan limbah cair tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas air tanah dan air baku supaya dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Tidak hanya dengan adanya SPAL-DT saja, masyarakat juga dihimbau untuk meningkatkan kesadarannya dalam masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar. 

BACA JUGA:Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI, Fasilitas 1.000 Bed dan 11 Ruang Operasi

“Berkapasitas 16 ribu meter kubik per hari dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 km dan bisa melayani 41 ribu kepala keluarga, “ ungkap Jokowi. 

Dengan adanya SPAL-DT, Kota Makassar akan memiliki penanganan air limbah yang terintegrasi. Sehingga, kualitas lingkungan dan taraf hidup masyarakat Kota Makassar akan semakin meningkat.

Sistem yang dibangun dari tahun 2019 hingga tahun 2023 dengan biaya Rp 1,2 triliun itu diberi harapan besar supaya dapat meningkatkan kehidupan bersih dan lingkungan sehat bagi Kota Makassar.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website setneg.go.id