The Oscars 2024 Diprotes Aktivis Pro-Palestina, Polisi Terjunkan 2.000 Personel Pengamanan

The Oscars 2024 Diprotes Aktivis Pro-Palestina, Polisi Terjunkan 2.000 Personel Pengamanan

THE OSCARS 2024 diprotes aktivis Pro-Palestina. Foto: para demonstran berkumpul di Sunset Boulevard, 2 km dari Dolby Theatre. -Ringo Chiu-AFP

HARIAN DISWAY - Penyelenggaran Academy Awards 2024 kali ini "diramaikan" oleh demo membela Palestina.

Ratusan aktivis pro Palestina berkumpul di kawasan sekitar Hollywood Boulevard, sejak Minggu siang waktu setempat, 10 Maret 2024 (Senin dini hari WIB, Red). Mereka mengecam acara penghargaan super glamor yang digeber di tengah genosida di Gaza.

Ketika para bintang tiba di red carpet yang digeber di tangga Dolby Theatre, Hollywood, ratusan orang berkumpul di barikade. Jalanan di depan Dolby Theatre ditutup selama penyelenggaraan The Oscar 2024.

BACA JUGA:Kenapa Piala Academy Awards disebut Oscar? Ini Spekulasinya...

"Selama kamu menonton, bom-bom dijatuhkan ke Gaza oleh Israel," tulis salah satu spanduk. "Jangan ada acara awards selama genosida!" tulis yang lain.


THE OSCARS 2024 diprotes aktivis Pro-Palestina. Foto: Seorang aktivis membawa poster di Hollywood.-Ringo Chiu-AFP

"The Oscars berlangsung di ujung jalan ini, ketika orang-orang dibunuh, dibantai, dibom," kata Zinab Nassour, perempuan 38 tahun yang turut memprotes, seperti dikutip Reuters.

"Oscar adalah hari besar. Seluruh mata tertuju pada Hollywood," kata Sarah Jacobus dari Jewish Voice for Peace charpter LA kepada Reuters. "Hollywood memainkan narasi penting dalam kebudayaan. Termasuk mitologi tentang Israel. Kami perlu para sineas dan artis untuk bersuara," tegasnya.

Bukan hanya warga muslim yang memprotes. Banyak artis dan pekerja film yang bergabung dalam demo tersebut. Mereka berkolaborasi dengan berbagai organisasi pro Palestina. Seperti Writers Against the War on Gaza LA (WAWOG), Film Workers for Palestine, serta ratusan anggota SAG-AFTRA.

BACA JUGA:13 Fakta Random tentang The Oscars 2024 yang Perlu Kamu Tahu, dari Scorsese Hingga Billie Eilish

BACA JUGA:Prediksi Peraih Oscar 2024: Bisakah Barbie Hentikan Dominasi Oppenheimer?

Film Workers for Palestine, dalam pernyataan gabungan dengan anti-Zionist Jewish Voice for Peace cabang LA, menuliskan detail demonstrasi mereka di Instagram. Protes itu dipusatkan di Cinerama Dome, Los Angeles. Bangunan di jalan Sunset Boulevard yang berjarak sekitar 2 km dari Dolby Theatre.


THE OSCARS 2024 diprotes aktivis Pro-Palestina. Foto: Seorang aktivis membawa poster di Hollywood.-Ringo Chiu-

"Mari gerakkan rekan-rekan kita, dan ambil alih jalanan. Untuk menunjukkan bahwa kita menolak untuk mengabaikan pembantaian etnis yang sedang terjadi saat ini. Lakukan gencatan senjata, SEKARANG!," tulis pernyataan mereka di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: deadline