Gempa Susulan Masih Guncang Tuban - Bawean

Gempa Susulan Masih Guncang Tuban - Bawean

Anggota BPBD Provinsi Jatim mendirikan tenda di halaman RS Unair untuk perlindungan cuaca pada malam 22 Maret 2024.-Boy Slamet-

"Pusdalops PB BPBD Prov. Jatim melanjutkan telah koordinasi dengan agen bencana, BMKG, serta BPBD kab./kota terkait melalui WAG. Kami juga berkoordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan Regional Jawa Timur untuk penanganan lebih lanjut," ucap Kalaksa Gatot dalam keterangan resmi yang diterima Harian Disway, Sabtu, 23 Maret 2024.

Kendati demikian, sejumlah infrastruktur di Kota Surabaya mengalami kerusakan akibat guncangan keras gempa kemarin. Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) misalnya. Dua bangunan gedung retak-retak hingga runtuh dan menimpa dua sepeda motor yang terparkir di sekitarnya. Akibatnya, sebanyak 160 pasien dievakuasi petugas di tenda darurat yang didirikan BPBD di halaman RS.

Setelah memastikan kondisi aman, pihak RS Unair mulai membawa pasien masuk kembali ke ruang perawatan secara bertahap. “Alhamdulillah pada hari ini, seluruh pasien yang ada di halaman rumah sakit sudah kita evakuasi masuk ke dalam. Kemarin yang kita evakuasi sudah dimasukkan kembali ke ruang perawatan, ada 147 pasien. Sisanya itu sudah waktunya pulang,” ucap Wakil Direktur Keuangan dan Sumber Daya RS Unair Abdullah Machin.


Satu persatu pasien mualai kembali dibawa ke ruang perawatan di dalam gedung RS Unair 22 Maret 2024.-Boy Slamet-

Di sisi lain, pasca dihajar gempa, PT KAI juga memastikan jalur kereta api sepanjang 530 ribu kilometer di wilayah Daop 8 Surabaya sudah dinyatakan aman dan operasional KA berjalan normal kembali. 

Manajer Humas Daop 8 Luqman Arif mengatakan pemeriksaan kondisi jalur kereta api sudah dilakukan secara menyeluruh. Termasuk struktur jalan rel dan jembatan rel KA.

"Saat terasa gempa, Pusat Pengendali Operasi KA Daop 8 Surabaya memerintahkan 17 KA di wilayah Daop 8 Surabaya saat kejadian untuk BLB (Berhenti Luar Biasa) mulai pukul 11.37 WIB," terangnya. 

BLB bertujuan untuk memastikan keamanan perjalanan penumpang. "Jadi menunggu pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian. Setelah dipastikan aman, seluruh KA diperbolehkan melanjutkan kembali perjalanannya," tandasnya. 

BACA JUGA:Bangunan di Surabaya Rusak Akibat Gempa Tuban Jatim, Satu Warga Tertimpa Reruntuhan

BACA JUGA:Bukan Sesar Kendeng, Ini Dia Sesar yang Picu Gempa Bawean-Tuban

Dampak Kerusakan Pasca Gempa Laut Tuban

Kabupaten Gresik

Sekolah : 2 Unit Rusak

Kantor Desa: 1 Unit Rusak

Pondok Pesantren: 1 Unit Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: