UMKM di Hilirisasi Kelapa Sawit

UMKM di Hilirisasi Kelapa Sawit

ILUSTRASI UMKM di hilirisasi kelapa sawit.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

2) Hasil produksi kelapa sawit dan turunannya (seperti sabun, minyak goreng, dan lain-lain) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. 3) Menampung produk kelapa sawit yang dihasilkan petani mandiri sehingga dapat menjaga stabilitas harga jual TBS (tandan buah segar).

Untuk itu, pemerintah perlu memfasilitasi: 1) mengkaji kembali untuk memudahkan izin operasional UMKM sederhana agar mendapatkan kesempatan memproduksi kelapa sawit dan produk turunannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

BACA JUGA: LKKP Dorong Transaksi Sawit Pakai Rupiah

Misalnya, menghasilkan minyak goreng serta produk turunan yang dibutuhkan. 2) Memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mendapatkan modal dan bantuan teknologi yang terjangkau oleh masyarakat lokal dalam pengolahan kelapa sawit.

Dengan berkembangnya UMKM pengolah kelapa sawit, diharapkan kebutuhan minyak goreng dan produk turunan lainnya dapat terpenuhi serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit mandiri dan masyarakat lokal di sekitar perkebunan kelapa sawit. (*)

 

*) Rustinsyah, guru besar bidang antropologi sosial budaya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Airlangga, Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: