Bedah Persaingan Lima Program Studi Primadona Fakultas Vokasi Unair: Daya Tarik dan Strategi SNBT 2024

Bedah Persaingan Lima Program Studi Primadona Fakultas Vokasi Unair: Daya Tarik dan Strategi SNBT 2024

ILUSTRASI lima program studi primadona Fakultas Vokasi Unair.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Secara umum, kebutuhan akan tenaga kesehatan fisioterapis mengalami peningkatan setiap tahun. Dengan begitu, peluang kerja lulusan program studi ini sangat luas di berbagai institusi kesehatan. Tidak tertutup kemungkinan pula, fisioterapis memiliki kesempatan untuk membantu orang lain seperti di rumah sakit, klinik, pusat rehabilitasi, ataupun panti jompo. 

3. D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Secara sederhana, program studi ini mempelajari hal-hal yang terkait dengan pencegahan kecelakaan kerja dan menjaga kesehatan pekerja di lingkungan kerja. Adanya perkembangan industri yang pesat, kebutuhan akan tenaga K3 pun makin meningkat. 

Saat ini prospek kerja lulusan K3 sudah menyebar menjadi ahli K3 di perusahaan manufaktur, pertambangan, maupun perminyakan. Lingkungan kerja yang aman akan menghasilkan kesehatan dan keselamatan pekerja yang terjamin. 

4. D-4 Teknologi Radiologi Pencitraan

Program studi ini mempelajari ilmu dan teknik untuk menghasilkan gambar medis yang membantu diagnosis dan pengobatan penyakit. Perkembangan teknologi di bidang radiologi membuka peluang kerja di rumah sakit, klinik, dan penelitian dengan gaji yang menjanjikan. Di antaranya, teknisi radiologi, radiografer, dan ahli radiologi.

5. D-4 Destinasi Pariwisata

Berbeda halnya dengan empat program studi primadona sebelumnya yang berfokus pada kesehatan pasien, program studi ini sangat cocok bagi mahasiswa yang menyukai pengelolaan destinasi wisata, termasuk perencanaan, pengembangan, dan pemasaran. 

Tumbuhnya industri pariwisata di Indonesia yang kian berkembang membuka peluang kerja yang luas di berbagai bidang pariwisata. Lulusan D-4 destinasi pariwisata juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai perencana destinasi wisata, pemandu wisata, marketing di industri pariwisata, dan pengelola hotel. 

Jika beruntung, lulusan D-4 destinasi pariwisata tentu juga dapat bekerja di berbagai negara sembari mempelajari keberagaman wisata di setiap daerah. 

Kepopuleran lima program studi tersebut tentunya tidak lepas dari beberapa faktor. Yakni, prospek kerja yang cerah, kurikulum relevan dengan kebutuhan industri, dosen berpengalaman, serta fasilitas lengkap dan modern. 

Daya tarik itu memicu tingginya antusiasme pendaftar, menghasilkan keketatan yang luar biasa. Dengan begitu, sangatlah penting bagi para calon mahasiswa untuk mempersiapkan strategi terbaiknya. 

 

STRATEGI PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI SNBT 2024

Secara umum, ketentuan lolos atau tidaknya para calon mahasiswa di seleksi nasional berbasis tes (SNBT) adalah berdasar hasil tes siswa yang harus melebihi passing grade dari penerimaan tahun sebelumnya. Meski begitu, para calon mahasiswa masih dapat menerapkan strategi lain yang dapat menambah peluang lolos calon mahasiswa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: