Bedah Persaingan Lima Program Studi Primadona Fakultas Vokasi Unair: Daya Tarik dan Strategi SNBT 2024

Bedah Persaingan Lima Program Studi Primadona Fakultas Vokasi Unair: Daya Tarik dan Strategi SNBT 2024

ILUSTRASI lima program studi primadona Fakultas Vokasi Unair.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

PENDIDIKAN berbasis vokasional merupakan gerbang bagi para calon mahasiswa yang mendambakan pendidikan tinggi berfokus pada keterampilan terapan dan siap kerja. Di dunia yang berubah dengan cepat saat ini, pentingnya pendidikan kejuruan tidak bisa disepelekan, terutama bagi generasi muda penerus bangsa. 

Hal tersebut berkaitan dengan tantangan yang akan dihadapi generasi saat ini. Di antaranya, pasar kerja yang berkembang pesat, meningkatnya persaingan, dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan inovasi serta teknologi terbaru. 

Tidak heran jika pendidikan terapan memainkan peran penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dengan membekali keterampilan dan pengetahuan yang relevan bagi masa depan. 

BACA JUGA: Lebarkan Sayap hingga ke Luar Negeri: Fakultas Vokasi Unair Cetak Lulusan Double Degree

Oleh karena itu, Fakultas Vokasi Unair menyadari pentingnya pendidikan terapan dan siap memberikan kurikulum pendidikan yang professional dan komprehensif. Pada 2024, Fakultas Vokasi Unair membuka 20 program studi jenjang diploma 3, diploma 4, dan magister terapan. 

Di antara 20 program studi tersebut, terdapat lima program studi yang menjadi primadona dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Yaitu, D-4 teknologi laboratorium medik, D-4 fisioterapi, D-4 keselamatan dan kesehatan kerja, D-4 teknologi radiologi pencitraan, dan D-4 destinasi pariwisata.

BACA JUGA: Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Sarjana Terapan dan Ahli Madya Kesehatan, Dekan Vokasi UNAIR Harapkan Lulusan Siap Kerja

DAYA TARIK DAN PELUANG KARIER PROGRAM STUDI UNGGULAN FV UNAIR

1. D-4 Teknologi Laboratorium Medik

Program studi ini mempelajari ilmu dan teknik pemeriksaan laboratorium yang berfungsi untuk membantu diagnosis dan pengobatan penyakit pasien. Lulusan D-4 Teknologi Laboratorium Medik Fakultas Vokasi (FV) Unair memiliki prospek kerja yang luas di rumah sakit, klinik, laboratorium kesehatan, dan industri farmasi dengan gaji yang menjanjikan. 

Sama halnya dengan dokter maupun tenaga kesehatan lainnya, pelaku laboratorium medik memainkan peran penting dalam sistem kesehatan. ”Jebolan” teknologi laboratorium medik dapat terjun sebagai analis laboratorium medik, teknisi laboratorium medik, peneliti laboratorium, dan supervisor laboratorium.

BACA JUGA: Alienasi Mewarnai PPKMB Vokasi Unair

2. D-4 Fisioterapi

Sama halnya dengan tenaga medis lain yang berfokus dalam kesehatan pasien, D-4 fisioterapi mempelajari ilmu dan teknik yang dapat membantu pemulihan pasien dengan cedera atau penyakit yang mengganggu fungsi fisiknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: