Lebarkan Sayap hingga ke Luar Negeri: Fakultas Vokasi Unair Cetak Lulusan Double Degree

Lebarkan Sayap hingga ke Luar Negeri: Fakultas Vokasi Unair Cetak Lulusan Double Degree

Fakultas Vokasi Unair Cetak Lulusan Double Degree. Fakultas Vokasi Unair bekerja sama dengan Asia University, Taiwan.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

FAKULTAS Vokasi Universitas Airlangga (Unair) berkomitmen untuk selalu merajut kolaborasi dalam kancah ”pergaulan” global. 

Komitmen tersebut selalu dijaga untuk memperkokoh posisi Fakultas Vokasi Unair sebagai pusat pendidikan vokasional yang tidak hanya menempa mahasiswa dengan kemampuan teoretis maupun praktis, tetapi juga menjalin kemitraan yang erat dengan lembaga internasional. 

Tujuannya, mahasiswa tidak hanya terampil, tetapi juga dapat beradaptasi dalam pergaulan internasional. Salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sayap Fakultas Vokasi Unair ialah menjalin kerja sama akademik antaruniversitas internasional. 

BACA JUGA: Vokasi Pencetak SDM Global

Transfer of Knowledge 

Terjalinnya kerja sama akademik antaruniversitas dalam ruang lingkup internasional dilakukan untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman. 

Adanya kemitraan dengan kampus luar negeri dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk memperdalam bidang studi yang ditekuni. Sekaligus, membuka relasi pertemanan yang nantinya dapat bermanfaat sebagai jaringan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Bahkan, bisa pula melalui jaringan pertemanan internasional yang terjalin, lulusan Fakultas Vokasi Unair dapat membuka lapangan kerja. Dampak berganda akan diterima oleh mahasiswa jika kerja sama internasional berhasil dijalin dengan baik. 

BACA JUGA: Tefa (Teaching Factory) Sarana Utama Pendidikan Vokasi

Dosen pun memperoleh dampak positif dari adanya kerja sama akademik antaruniversitas. Di antaranya ialah dapat mengembangkan kurikulum bersama, penelitian kolaboratif, dan kegiatan akademik lain yang berbeda dari biasanya. 

Pada akhirnya kualitas pendidikan akan meningkat seiring dengan eratnya hubungan kerja sama antaruniversitas. Manfaat itulah yang mendasari Fakultas Vokasi Unair secara proaktif menemukan mitra akademik yang dapat mendorong kemajuan kualitas pendidikan yang dicanangkan kepada mahasiswa. 

Luaran dari upaya tersebut tentu ialah menghasilkan lulusan yang siap bekerja, unggul dalam persaingan global. 

Bentuk komitmen Fakultas Vokasi Unair dalam mencari mitra akademik dapat dilihat dari sepak terjang selama satu hingga dua tahun terakhir ini. Dalam rentang waktu tersebut, sudah banyak kerja sama yang terjalin. Salah satunya dengan Asia University di Taiwan. 

BACA JUGA: Pendidikan Vokasi Adalah Jalan Utama untuk Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: