Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Ketupat memiliki filosofi yang dalam bagi masyarakat, khususnya orang Jawa. Menyimbolkan perasaan bersalah dan saling memaafkan antar sesama. Jelang Lebaran ketupat, Anda juga bisa menyiapkan makanan pendamping yang mantap. --freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Di Indonesia, ketupat menjadi sajian khas hari raya Idulfitri. Biasanya, ketupat dibagikan kepada kerabat terdekat atau tetangga sebagai simbol Lebaran ketupat

Tradisi ini masih melekat di kalangan masyarakat. Khususnya orang Jawa. Bagi sebagian besar masyarakat Jawa, ketupat memiliki makna filosofi yang dalam.

Kata ketupat atau kupat berasal dari istilah bahasa Jawa yaitu ngaku lepat atau mengakui kesalahan dilakukan dengan tradisi sungkeman.

BACA JUGA: Workshop Menganyam Ketupat bersama Kampoeng Dolanan Bangkitkan Tradisi Kupatan

Kupat juga berarti laku papat yang berarti empat tindakan atau masyarakat Jawa sendiri mengartikannya dalam empat istilah yaitu lebaran, luberan, leburan, dan laburan

Lebaran berarti akhir dan usai yaitu menandakan telah berakhirnya waktu puasa Ramadan dan siap menyongsong hari kemenangan. Sedangkan luberan bermakna berbagi dan mengeluarkan sebagian harta yang lebih luber kepada fakir miskin. 

Ketupat terbuat dari tiga bahan utama, yaitu janur kuning, beras dan santan. Janur kuning atau pelepah daun kelapa muda merupakan lambang tolak bala atau penolak bahaya.

BACA JUGA: Perupa Garis Gathuk Melukis Ketupat

Beras sebagai simbol kemakmuran dianggap sebagai doa agar masyarakat diberi kelimpahan kemakmuran setelah hari raya. Tak hanya itu, santan dalam bahasa Jawa disebut santen memiliki rima dengan kata ngapunten yang berarti memohon maaf. 

Karena itulah ketupat menjadi simbol maaf bagi masyarakat Jawa. Ketika seseorang berkunjung ke rumah kerabat, mereka akan disuguhi ketupat dan diminta untuk memakannya. 

Apabila ketupat tersebut dimakan secara otomatis pintu maaf telah dibuka dan segala salah serta khilaf antar keduanya terhapus.

BACA JUGA: Cicipi Kenikmatan Berbagai Jananan Khas Jawa Timur Yang Pas Jadi Buah Tangan

Ketupat biasanya disajikan dengan makanan pendamping sebagai hidangan Lebaran. Tentunya akan semakin menambah kelezatan saat menyantapnya. Apa saja sih makanan pendamping ketupat yang sedap saat Lebaran?

1. Opor ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: