Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Ketupat memiliki filosofi yang dalam bagi masyarakat, khususnya orang Jawa. Menyimbolkan perasaan bersalah dan saling memaafkan antar sesama. Jelang Lebaran ketupat, Anda juga bisa menyiapkan makanan pendamping yang mantap. --freepik


Opor ayam yang paling populer dan disukai sebagai makanan pendamping ketupat. --iStock

Opor ayam merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sering disajikan sebagai makanan pendamping ketupat, terutama saat perayaan Idulfitri atau momen-momen spesial lainnya. 

Opor ayam terbuat dari potongan daging ayam yang dimasak dalam kuah santan kental yang kaya rempah-rempah. Bumbu-bumbunya tradisional seperti lengkuas, serai, daun salam, dan kencur, yang memberikan cita rasa yang khas dan aromatik.

BACA JUGA: Sebelum Meninggal, Remy Sylado Berencana Sambut Natal dengan Ketupat

Kuah santan yang lembut memberikan sentuhan kaya dan lezat pada daging ayam yang empuk. Kombinasi opor ayam yang gurih dan lembut dengan ketupat yang berbumbu, padat, dan sedikit kenyal menciptakan harmoni rasa yang sempurna.

Ketupat yang biasanya terbuat dari nasi yang dibungkus dalam anyaman janur kelapa memberikan tekstur yang unik dan menjadi pendamping yang ideal untuk opor ayam, menyempurnakan pengalaman kuliner khas Indonesia. 

2. Lodeh


Kuah sayur lodeh juga bisa mengimbangi tekstur kenyal ketupat sehingga menjadi menu pas saat disantap bersama. --iStock

Sayur lodeh yang kaya akan sayuran dan santan juga menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan dengan ketupat. Rasanya yang lezat dan segar membuat hidangan ini pas untuk disantap bersama keluarga.

BACA JUGA: 9 Makanan Khas Idulfitri dari Berbagai Negara yang Sedap Dilihat dan Nikmat Disantap

Kuah sayur lodeh juga bisa mengimbangi tekstur kenyal ketupat sehingga menjadi menu pas saat disantap bersama.

3. Sate


Sate beserta saus kacang sangat cocok menjadi penamping ketupat yang memiliki tekstur padat dan rasa yang lezat. --iStock

Sate adalah hidangan yang sangat cocok sebagai makanan pendamping ketupat. Daging yang umumnya digunakan dapat berupa ayam, sapi, atau kambing, yang telah direndam dalam bumbu rempah-rempah yang khas sebelum dipanggang.

Proses pemanggangan memberikan cita rasa yang kaya dan aroma yang menggugah selera pada daging. Pun dengan ketupat yang memiliki tekstur padat dan rasa yang lezat merupakan pendamping yang sempurna untuk sate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: