Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Ketupat memiliki filosofi yang dalam bagi masyarakat, khususnya orang Jawa. Menyimbolkan perasaan bersalah dan saling memaafkan antar sesama. Jelang Lebaran ketupat, Anda juga bisa menyiapkan makanan pendamping yang mantap. --freepik

BACA JUGA: Anda sedang Mudik atau Libur Lebaran ke Kediri? Coba 5 Makanan Khas Ini

Ketika disajikan bersama, kombinasi antara sate yang lezat juga manis dengan ketupat yang gurih menciptakan paduan rasa yang memuaskan. Selain itu, kelezatan sate dan ketupat yang dipadu dalam satu hidangan juga mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia.

Menjadi simbol kebersamaan dan kegembiraan dalam berbagai acara dan perayaan tradisional. Sehingga, sate menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ketupat dalam berbagai kesempatan.

4. Soto


Kombinasi antara ketupat dan soto menciptakan paduan rasa yang unik dan memuaskan. Menjadi pengalaman kuliner yang berbeda tapi memikat lidah untuk terus mengunyah. --iStock

Soto bisa menjadi makanan pendamping yang menarik untuk ketupat. Soto umumnya disajikan dengan nasi, namun ketupat dapat menggantikan nasi sebagai pendampingnya yang enggak kalah nikmat.

BACA JUGA: Nasi Campur Mak Kar Surabaya Ini Disuka Pelanggan karena Murah dan Bikin Puas

Ketika ketupat dimasukkan ke dalam soto, ia akan menyerap kuah rempah-rempah yang lezat. Memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang lebih mantap pada setiap suapan.

Kombinasi antara ketupat dan soto menciptakan paduan rasa yang unik dan memuaskan. Menjadi pengalaman kuliner yang berbeda tapi memikat lidah untuk terus mengunyah.

5. Gulai


Gulai jika dimakan dengan ketupat jadi hidangan yang sering disajikan dalam acara-acara spesial dan perayaan tradisional di Indonesia, seperti Idulfitri atau acara keluarga besar. --iStock

Gulai adalah salah satu pilihan makanan pendamping yang sangat cocok untuk ketupat. Bisa terdiri dari ikan, ayam, daging kambing ataupun telur yang dimasak dalam kuah kental berbumbu rempah-rempah, santan, dan bumbu lainnya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Makanan Penyeimbang Lemak Selama Lebaran

Proses memasak gulai melibatkan berbagai bumbu seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya, yang memberikan cita rasa kaya dan aroma yang menggugah selera.

Selain itu, gulai dan ketupat merupakan hidangan yang sering disajikan dalam acara-acara spesial dan perayaan tradisional di Indonesia, seperti Idulfitri atau acara keluarga besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: