Ingin Bikin Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama? Ikuti Beberapa Tip ini!

Ingin Bikin Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama? Ikuti Beberapa Tip ini!

Jelang Lebaran ketupat, masyarakat Indonesia berbonbong-bondong tuk merayakannya. Beberapa tip ini akan membantu Anda yang ingin membuat ketupat empuk dan tahan lama. --tourism.gov.my

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ketupat adalah hidangan khas Indonesia yang paling sering disajikan saat Hari Raya Idulfitri. Bahkan, ada tradisi Lebaran Ketupat yang dirayakan tepat seminggu setelah Hari Raya.

Di hari yang istimewa itu, ketupat sangat tepat untuk dinikmati bersama-sama keluarga besar. Biasanya ketupat disajikan bersama dengan hidangan lainnya seperti opor ayam, rendang, sambal goreng, atau gulai.

Kelezatan ketupat yang berpadu dengan ragam hidangan tersebut menciptakan suasana kebersamaan dan kegembiraan dalam berkumpul bersama keluarga dan kerabat pada hari raya.

BACA JUGA: Waktunya Lebaran Ketupat 2024, Berikut Filosofinya dan Makanan Pendamping Ketupat yang Sedap

Namun, tak semua orang bisa dengan mudah. Proses pembuatan ketupat ini memerlukan keterampilan khusus. Biasanya dilakukan oleh para ibu di rumah yang sudah menjadikan hal tersebut sebagai tradisi yang tak bisa dipisahkan dengan Lebaran.

Padahal jika ditilik cara membuatnya, ketupat bisa dimasak dengan cara sederhana dan hanya membutuhkan kesabaran. Sama seperti makanan lainnya seperti lontong, bahan-bahan yang digunakan untuk memasaknya juga sangat mudah ditemui.

Yang perlu disiapkan utamanya yakni beras, air matang, garam, daun pandan, penyedap, dan selongsong ketupat yang sangat menarik dibuat sebagai keterampilan tangan. 

BACA JUGA: Cicipi Kenikmatan Berbagai Jananan Khas Jawa Timur Yang Pas Jadi Buah Tangan

Ketupat yang gurih dan empuk menjadi suatu kenikmatan tersendiri ketika dihidangkan bersama dengan lauk lain. Ada beberapa tip membuat ketupat agar enak, empuk dan tahan lama. Tentunya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah dan anti gagal.  

1. Gunakan beras yang berkualitas

Faktor terpenting yang wajib Anda perhatikan dalam membuat ketupat adalah bahan yang akan dipilih. Agar ketupat memiliki tekstur empuk, pilihlah beras yang berkualitas dan pulen.

Pastikan terlebih dahulu beras bersih dari gabah dan sudah dicuci hingga air beras tidak keruh. Lalu, rendam beras dengan air dingin selama satu jam. Untuk menambah tekstur kenyal, Anda bisa menambahkan sedikit kapur sirih.

2. Pilih Anyaman Daun Kelapa Muda

Pilihlah anyaman ketupat yang berwarna hijau cerah atau daun kelapa muda sebab hal ini akan membuat beras tidak tumpah saat berada dalam proses masak. Selain itu, daun kelapa muda juga tidak akan mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: