Manchester City vs Madrid 1-1: Los Blancos Lolos via Adu Penalti, Ancelotti: Ini Satu-Satunya Cara

Manchester City vs Madrid 1-1: Los Blancos Lolos via Adu Penalti, Ancelotti: Ini Satu-Satunya Cara

MANCHESTER City vs Madrid 1-1: Los Blancos lolos via adu penalti.-Darren Staples -AFP

HARIAN DISWAY - Tidak salah kalau Real Madrid disebut sebagai tim yang memiliki DNA Eropa. Mereka adalah raja Liga Champions. Sesulit apa pun situasinya, klub berjuluk Los Blanco itu selalu mampu mengubah kedudukan demi mendekati trofi.

Tahun ini pun begitu. Mereka terancam tidak lolos ke semifinal setelah hanya mampu bermain imbang 3-3 melawan Manchester City di leg pertama perempat final pekan lalu. Leg kedua digelar di kandang kebanggaan City, Etihad Stadium, yang begitu angker.

Sepanjang sejarah kedua tim, Real Madrid tidak pernah menang di stadion milik Pemkot Manchester tersebut.

BACA JUGA:Bayern vs Arsenal 1-0 (Agg. 3-2): Mikel Arteta Kecewa, The Gunners Langsung Fokus ke Liga

Namun, ini Real Madrid. Tahun lalu, mereka boleh dijegal City di semifinal. Tapi, hari ini, 18 April 2024, giliran Real Madrid yang menjegal Erling Haaland dkk. Setelah 120 menit berakhir seri 1-1, Real Madrid menang lewat adu penalti 4-3.


MANCHESTER City vs Madrid 1-1: Los Blancos lolos via adu penalti. Foto: Antonio Rudiger menaklukkan Ederson di tendangan terakhir Real Madrid.-Molly Darlington-Reuters via Guardian

Real Madrid unggul lebih dulu lewat gol Rodrygo pada menit ke-12. Namun, setelah serangkaian serangan dan kesialan, kapten Manchester City Kevin de Bruyne menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-76.

"Kami memulai laga dengan baik, kami unggul duluan, dan harus berjuang untuk survive," ulas pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti kepada Movistar. "Kami menderita di menit-menit akhir. City memegang kontrol penuh pertandingan karena kami bertahan terlalu dalam," paparnya.

BACA JUGA:Duh Berat! Real Madrid Tidak Pernah Menang di Etihad, Ini Faktanya

BACA JUGA:Real Madrid vs Man City 3-3, Fede Valverde: Rasanya Seperti Kalah!

Real Madrid medapat kritikan karena menjalankan taktik bertahan nyaris parkir bus yang membosankan. Mereka bertahan dengan begitu kuatnya. Sehingga gempuran City (yang mencakup 33 tembakan, 9 di antaranya mengarah ke gawang) tak satu pun yang berbuah gol. Kiper Andriy Lunin dipaksa membuat 8 penyelamatan.


MANCHESTER City vs Madrid 1-1: Los Blancos lolos via adu penalti. Foto: Dani Carvajal (kiri) menahan gelandang City Jeremy Doku di babak kedua.-Molly Darlington-Reuters via Guardian   

Ancelotti membela diri atas penggunaan taktik itu. "Ini satu-satunya cara untuk menang atas City di kandangnya. Kami kerja keras, kami berkorban, dan akhirnya menang entah dengan cara apa pun," kata pelatih asal Italia tersebut.

"Kami bertahan dengan sangat, sangat bagus malam ini. Ini soal bertahan hidup," lanjut Ancelotti. "Madrid adalah klub yang terus berjuang untuk bertahan dalam situasi yang tampaknya tidak ada jalan keluarnya. Tapi kami selalu menemukan jalan," papar pria yang sudah mempersembahkan 2 trofi Liga Champions untuk Real itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: skysports