Putri KW dan Ana/Tiwi Tak Masuk Skuad Piala Uber 2024 , Ini Penjelasan PBSI...

Putri KW dan Ana/Tiwi Tak Masuk Skuad Piala Uber 2024 , Ini Penjelasan PBSI...

Putri KW dan Ana/Tiwi di Skuad Piala Uber 2024 , Ini Penjelasan PBSI... -PBSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Ada hal yang mengejutkan dalam susunan pemain Indonesia di Piala Uber 2024. PBSI tidak menyertakan Putri Kusuma Wardani dan Febriana Amalia Dwipuji/Amalia Cahaya Pratiwi.

Padahal mereka berstatus sebagai pemain ranking kedua di pelatnas. Kabid Binpres PP PBSI Ricky Subagja menjelaskan bahwa pemilihan pemain-pemain tersebut sudah berdasarkan dengan pertimbangan khusus.

Dalam skuad Piala Uber 2024, tunggal putri digawangi oleh Gregoria Mariska Tunjung. Kemudian diisi oleh Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana. Dari segi peringkat, Ester ranking 38 dunia, Komang menduduki posisi ke-56, dan Ruzana ke-108.

“Tunggal putri kami masukkan Ruzana. Dari pencapaian pertandingan sebelumnya jadi pertimbangan. Pemain muda ini kami beri kesempatan untuk menjadi bagian tim Uber dengan semangatnya dan arahan nanti. Ini nggak mudah sebenarnya masuk tim,” kata Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

BACA JUGA:Skuad Indonesia di Piala Thomas & Uber 2024 Diumumkan, Tak Ada Putri KW dan Ana/Tiwi!

BACA JUGA:Gregoria Mariska Tunjung Lega Bisa Lolos Olimpiade dengan Hasil yang Lebih Membanggakan

Performa Putri KW memang menurun dalam satu tahun terakhir. Selama 15 turnamen individu terakhir, ia tidak pernah mencapai perempat final. Putri KW tercatat melangkah ke perempat final terakhir pada Taipei Open 2023 yang terjadi sembilan bulan yang lalu.

Sementara itu, Ruzana cukup konsisten di level international series dan international challenge. Pemain berusia 19 tahun itu menjuarai Sri Lanka International Series 2024. Pada tiga turnamen lain tahun ini, Ruzana mencapai satu semifinal dan dua perempat final.

“Keputusan ini untuk menambah potensi Ruzana ke depan. Jadi, kami mendorong, diskusi dengan pelatih tunggal putri, dan semuanya, kami sepakat untuk memasukkan Ruzana ke dalam tim,” imbuh Ricky.

Untuk pemain ganda, PBSI mengikutsertakan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto/ Lanny Tria Mayasari, dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari. Ana/Tiwi menjadi ganda putri teratas setelah Apri/Fadia.

BACA JUGA:BAC 2024: Sempurna! Jonatan Christie Juara Asia Setelah Kandaskan Jagoan Tuan Rumah

BACA JUGA:BAC 2024: Jonatan Christie Lawan Li Shi Feng di Final, Ini Jadwal dan Link Live Streaming-nya

Ricky menampik tidak adanya Ana/Tiwi karena masalah visa. Ricky menegaskan bahwa pertimbangannya hampir sama dengan Putri KW yakni soal penampilan di beberapa turnamen terakhir dan kesempatan kepada pemain lebih muda.

Sebenarnya penampilan Ana/Tiwi tidak terlalu buruk pada tahun ini. Dari enam turnamen di tahun 2024, mereka menjadi finalis Spain Masters dan mencapai semifinal Thailand Masters. Selebihnya tumbang di babak-babak awal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: