Embarkasi Surabaya Terdapat 1.759 Lansia, Kemenag Beri Layanan Khusus

 Embarkasi Surabaya Terdapat 1.759 Lansia, Kemenag Beri Layanan Khusus

Petugas haji mendapat pelatihan menangani lansia dan penyandang disabilitas saat bimtek di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, 19-28 Maret 2024.-Media Center Haji-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Lamanya antrean haji di Indonesia sudah jadi rahasia umum. Tak sedikit dari calon jamaah yang menunggu bertahun-tahun demi bisa berhaji ke tanah suci. Bahkan, ada yang menanti sampai 30 tahun lamanya. Itu sebabnya banyak jamaah haji lansia.

Tahun ini ada 45 ribu jamaah lansia dari 241 ribu jamaah yang berangkat ke tanah suci. Di Jawa Timur, tercatat ada 1.758 jamaah haji asal Jatim yang lansia. Mereka akan mendapat pelayanan khusus. 

"Skala prioritas untuk usia lanjut ini bagi jamaah yang sudah 50 tahun mendaftar. Usianya (syarat) di atas 84 tahun. Jamaah lansia di Jawa Timur tertinggi usianya 104 tahun," ujar Haris kepada Harian Disway, Kamis, 25 April 2024. 

BACA JUGA:75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Terbit, Sisanya Masih Diproses

BACA JUGA:Tanpa Visa Haji Tak akan Bisa Berhaji, Kemenag: Masyarakat Jangan Tertipu


Simulasi pelayanan jamaah haji lansia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. -Media Center Haji-

Sebagaimana diketahui, kesejahteraan masyarakat lanjut usia sudah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan. Maka dari itu, PPIH Embarkasi Surabaya pun memberikan fokus khusus agar jamaah lansia merasa aman dan nyaman saat berhaji.

"Layanan lansia itu menjadi permintaan menteri agama yang meneruskan Amanat Presiden RI. Jamaah usia lanjut diprioritaskan banyak hal. Misalnya di penempatan Embarkasi Surabaya, kita taruh di tempat khusus yang dekat dengan layanan. Jadi sewaktu-waktu butuh bantuan lebih mudah," tambahnya.

Kemudian saat di pesawat, PPIH Embarkasi berupaya menempatkan jamaah lansia di kursi depan atau di kelas bisnis. Haris juga sudah menyampaikan, pihaknya sudah mempersiapkan bagaimana makanan jamaah lansia saat di Arab Saudi. 

"Nutrisinya terjamin. Tetapi sekali lagi tidak mengurangi layanan kepada jamaah haji yang lain," tandas Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur tersebut. 

BACA JUGA:Mengenal Muhammad Amin Indragiri, Bos Perusahaan Arab Saudi yang Melayani Jamaah Haji Indonesia

BACA JUGA:Jatim Sumbang Kloter Jemaah Haji Terbanyak Sepanjang Sejarah, Segini Jumlahnya...

Kemenag juga menyediakan petugas haji khusus melayani lansia dan disabilitas. Para petugas ini sudah dilatih secara khusus melalui bimbingan teknis selama 10 hari di Asrama Haji Pojdok Gede, Jakarta, pada 19-28 Maret 2024.  

Selain itu, seluruh petugas haji juga diwanti-wanti untuk melayani jamaah lansia. "Anggap para lansia ini orang tua Anda sendiri. Layani dengan baik," pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada para petugas haji dalam berbagai kesempatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: