Debut Joanne Andreas sebagai Desainer Dibuktikan dengan Mendesain Mobil All New Honda HR-V Special Edition Sand Khaki Pearl Ini!

Debut Joanne Andreas sebagai Desainer Dibuktikan dengan Mendesain Mobil All New Honda HR-V Special Edition Sand Khaki Pearl Ini!

Joanne Andreas dengan mobil yang didesainnya di area display Honda FestiPark Surabaya 2024 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya pada 24-28 Juli 2024. -Valentino Phalent-

Inilah debut termutakhir desainer muda Surabaya Joanne Andreas. Berkarya dengan medium mobil All New Honda HR-V Special Edition Sand Khaki Pearl. Kolaborasinya dengan Honda Surabaya Center itu membuktikan bahwa Joanne mampu berkarya tak kenal batas.

Sebagai desainer, gerak Joanne bermula dari fashion designer. Setidaknya dia punya background yang tak boleh disepelekan. Dia tercatata mengantongi sertifikat Fashion Design and Illustration dari Pison Art and Fashion Foundation pada 2011 atau saat masih berusia 10 tahun.

Selanjutnya, Joanne baru saja lulus dari Fashion Design with Marketing dari UCSI University Kuala Lumpur pada 2022. Pengalaman mendesain sejak belia itu membuat Joanne sangat akrab dengan dunia kreatif.

Sebut saja bagaimana dia berpengalaman dalam design packaging, aksesori fashion, florist dan papan bunga, dekorasi acara, majalah, buku katalog, buku menu, poster, media promosi, dan keperluan media sosial. Semua hal yang terkait kreativitas itu sangat disenanginya.

BACA JUGA: Honda Festipark digelar di Pakuwon Mall Surabaya, Sajikan Berbagai Hiburan Keluarga

Namun, Joanne tak pernah mendesain dengan medium mobil. Karena itulah, ketika diajak berkolaborasi dengan Honda Surabaya Center, dia sangat antusias menerimanya. Tertantang karena inilah untuk pertama kalinya dia mendesain sesuatu untuk mobil.

“Padahal waktunya hanya dikasih dua minggu sejak dealing. Tapi ini kesempatan baik untuk diambil,” katanya. Apalagi mobil itu dipamerkan di Honda FestiPark Surabaya 2024 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya pada 24-28 Juli 2024.
Empat detail desain yang diterakan Joanne Andreas di All New Honda HR-V Special Edition Sand Khaki Pearl yakni, sakura, burung bangau, matahari, dan awan. -Valentino Phalent-

Karena itu, dia tak mau mengecewakan publik otomotif Surabaya. Dengan riset kecil, Joanne bergegas mengumpulkan ide. Dia mencari bahan yang sesuai untuk desain yang dibawakan. Dia juga sibuk mengukur detail-detail body mobil yang punya warna eksklusif itu.

BACA JUGA: IIMS Surabaya 2024: Yuk, Intip Mobil Keluaran Terbaru Honda!

Menurutnya warna mobil itu cukup tricky. Karena dengan pencahayaan dan angle yang berbeda ternyata dapat membuat ilusi warna jadi berubah. “Terkadang hijau, terkadang emas, terkadang cokelat, terkadang abu-abu,” tuturnya.

Tapi kesulitan itu justru menantangnya. Tak hanya itu. Proses mendesain sketsa manual hingga design render punya kesulitan sendiri. Joanne harus melakukan layouting untuk proses cetak dengan tiga jenis warna yang berbeda-beda yaitu merah, putih, dan hitam.

Masih ada proses cutting sticker, masking, dan kemudian instalasi pada mobil. Bahkan ada kesulitan lain yang datang yakni proses rendering yang ternyata sangat memakan waktu. Ada revisi, proses cetak, dan penempelan yang sangat detail.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Founder Pison Art and Fashion Foundation Elizabeth Njo May Fen: Zhi Zu Chang Le

Untung, Joanne telah diberi kepercayaan dari Honda. Dia dibebaskan untuk berkreasi. Sejak mengumpulkan ide dan mencari bahan yang sesuai untuk desain yang dibawakannya.

Sampai akhirnya dia menemukan tema yang tepat yakni Raising Bloom of Sakura. Desain yang minimalis dan modern ini memadukan empat unsur simbol dari negara Jepang, asal muasal brand Honda itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: