Senam Dahlan Iskan dan Talk Show Orthopaedi Ramaikan Awarding STA 2024 Hari Pertama

Senam Dahlan Iskan dan Talk Show Orthopaedi Ramaikan Awarding STA 2024 Hari Pertama

Senam Dahlan Iskan dan talkshow orthopaedi dalam Surabaya Tourism Award 2024. Talkshow orthopaedi pada hari pertama STA 2024 di Ciputra World Mal, 24 Mei 2024. -Teddy Insani-HARIAN DISWAY

Talk show tersebut mengungkap berbagai hal tentang ortopedi, termasuk mitos dan kesalahpahaman tentang cedera tulang. "Jika terjadi cedera tulang, seperti nyeri, linu, atau patah tulang, banyak yang memilih pijat atau pergi ke sangkal putung," jelas Dr Donny.

BACA JUGA:Ikut Ajang Surabaya Tourism Award 2024, Ciputra World Hotel Totalitas soal Public Area

BACA JUGA:Blockbuster Museum Surabaya Siap Raih Gelar Lagi dalam Surabaya Tourism Award 2024

Ia menekankan bahwa membawa pasien ke sangkal putung tidak salah. Asalkan tabib sangkal putung tersebut mampu memulihkan fungsi tulang seperti semula.


Senam Dahlan Iskan dan talkshow orthopaedi dalam Surabaya Tourism Award 2024. Dr Donny Permana memberi wawasan soal orthopaedi dalam pra-awarding STA 2024.-Teddy Insani-HARIAN DISWAY

"Sebenarnya tulang patah itu tanpa minyak atau obat luar sekali pun, akan dapat menyambung dengan sendirinya. Tapi setelah tersambung, akankah bisa berfungsi kembali?," ujarnya.

Sebab, menurut Dr Donny, jika proses penyambungan tulang tidak sempurna, akan terbentuk sendi palsu di rangkaian tulang tersebut. Sendi palsu itu dapat mengganggu aktivitas. Membuat bagian tulang yang patah itu tak berfungsi seperti semula.

BACA JUGA:Punya Dua Taman Tematik, Ini Andalan Kokoon Hotel Hadapi Surabaya Tourism Award 2024

"Nah, di situlah peran dokter ortopedi. Melakukan perawatan sekaligus memastikan posisi tulang dan fungsi tulang dapat berfungsi kembali," ungkap dokter berusia 37 tahun itu.

Maka, jika menderita cidera terkait tulang, alangkah baiknya dibawa ke dokter ortopedi. Dr Donny juga menyebut bahwa 70-80 persen pasien yang ditangani ahli ortopedi hanya membutuhkan perawatan biasa. Bukan operasi.

Operasi hanya dilakukan jika kondisinya parah dan memerlukan peninjauan menyeluruh terhadap tulang, otot, dan sistem saraf.

BACA JUGA:Buruan Daftar, Ini Momen Tepat untuk Ikut Serta Surabaya Tourism Award 2024

"Saudara-saudara semua jangan takut. Keluhan sendi dan tulang belum tentu akan dioperasi. Kebanyakan hanya diterapi atau diobati dengan sederhana," ungkapnya.

Tak hanya mengangkat objek wisata dan hotel di Surabaya. STA 2024 juga memberi wawasan seputar kesehatan juga.

STA 2024 merupakan agenda resmi Pemkot Surabaya untuk merayakan hari jadi kota Surabaya (HJKS), bekerja sama dengan Universitas Ciputra dan Harian Disway. Puncaknya adalah Minggu malam, 26 Mei 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: