Hadiri Inagurasi GP Ansor, Jokowi Curhat tentang Proses Pengambilalihan Freeport

Hadiri Inagurasi GP Ansor, Jokowi Curhat tentang Proses Pengambilalihan Freeport

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato sambutannya pada acara Inagurasi GP Ansor, Senin, 27 Mei 2024. Jokowi curhat mengenai upaya pemerintah dalam mengambil alih saham Freeport.--Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi beranggapan, strategi yang pemerintah pilih sudah benar karena harga saham Freeport saat ini empat kali lebih tinggi dari harga yang mereka beli, didorong dengan meningkatnya harga tembaga di pasar global.

Meskipun demikian, ia menyebut proses pengambilalihan itu bukanlah hal yang mudah.

Bahkan, ia sempat mendapat peringatan demi menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia saat itu.


Orang nomor satu di Indonesia dalam pidato sambutannya di acara Inagurasi GP Ansor. Ia meneritakan proses pemerintah dalam mengambil alih saham Freeport.--Youtube Sekretariat Presiden

“Pak hati-hati Papua bisa bergola, besoknya ada lagi, Pak hati-hati Papua bisa lepas dari Indonesia, besoknya lagi memberi tahu, Pak hati-hati Indonesia akan bergejolak kalau Freeport diambil oleh negara,” ujarnya.

BACA JUGA:Wapres Kunjungi JIIPE, Smelter Freeport Bisa Beroperasi Lebih Cepat

Ia mengatakan bisikan-bisikan itu tidak membuatnya gentar karena pemerintah berupaya menyesuaikan metode pengambilalihan saham Freeport dengan menjaga kedaulatan dan stabilitas ekonomi negara.(*)

Penulis: Mahisa Gesty, Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur, peserta magang MBKM di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube sekretariat presiden