Polemik Naturalisasi di Timnas Italia: Oriundi dan Kisah Lama yang Tak Usai

Polemik Naturalisasi di Timnas Italia: Oriundi dan Kisah Lama yang Tak Usai

Timnas Italia saat menjuarai Euro 2020 di final melawan Inggris.-UEFA-

Ternyata bukan Indonesia saja yang "dijajah" naturalisasi. Timnas Italia pun demikian. Mereka mengenalnya dengan istilah Oriundi

Naturalisasi pemain sedang hangat diperbincangkan saat ini. Proses itu sering disebut sebagai cara instan untuk mendongkrak performa sepak bola negara. 

Hal itu juga dialami oleh Italia, tim yang menyandang empat titel juara Piala Dunia. Di balik kesuksesan Italia itu ternyata tak luput dari naturalisasi. 

Hal itu terlihat saar pertandingan ketiga Italia di Euro 2020. Roberto Mancini mengejutkan publik dengan perubahan drastis di starting line-up.

Eks juru taktik Manchester City itu menurunkan delapan wajah baru, termasuk tiga pemain yang lebih fasih berbahasa Portugis dibanding Italia. Mereka berasal dari Brazil. 

BACA JUGA:Timnas Italia Panggil Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, Francesco Totti, Giancarlo Antognoni, dan Gianni Rivera

Ya, ketiga pemain tersebut adalah Rafael Toloi, Emerson Palmieri, dan Jorginho. Mereka merupakan Oriundi, atau pemain keturunan Italia yang lahir di luar negeri. Kehadiran mereka di timnas Italia memicu cerita menarik tentang sejarah, identitas, dan kontroversi dalam sepak bola Italia.

Oriundi: Jejak Diaspora Italia di Dunia


Kapten Timnas Italia dan Juventus Giorgio Chiellini pamit.-Twitter/@chiellini -Disway.id

Oriundo berasal dari bahasa Italia yang merujuk pada orang-orang keturunan Italia yang lahir atau besar di luar negeri. Istilah itu memiliki relevansi kuat dalam sejarah sepak bola Italia, dengan lebih dari 40 Oriundi yang telah mencatatkan lebih dari 350 caps untuk Gli Azzurri.

Kisah Oriundi tak lepas dari migrasi massal orang Italia pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Jutaan orang saat itu menyeberangi Samudera Atlantik menuju Amerika Utara dan Selatan, membawa tradisi dan identitas Italia mereka.

Di Amerika Selatan, sepak bola menjadi sarana bagi para diaspora Italia untuk mengekspresikan identitas mereka. Pengaruh mereka terasa di kota-kota industri besar, seperti di Brasil, di mana dua klub besar, Cruzeiro dan Palmeiras, memulai kehidupan bernama Palestra de Italia.

BACA JUGA:Mengapa Bintang Muda AS Roma dan Timnas Italia ini Memilih Liga Turkiye?

Kebangkitan Oriundi di Era Fasisme


Omar Sivori pemain Timnas Italia yang lahir di Argentina -AFP-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber