Peluncuran Pilgub Jatim 2024, KPU Kenalkan Maskot Si Jalih

Peluncuran Pilgub Jatim 2024, KPU Kenalkan Maskot Si Jalih

Peluncuran Resmi Pilkada Jatim 2024-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim meluncurkan maskot Pemilihan Gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim 2024, lewat seremonial yang dihelat di Grand City Mall SURABAYA, Selasa malam, 4 Juni 2024.

Si Jalih namanya, alias Jatim Memilih. Maskot ini berbentuk burung merak berwarna hijau. Fauna yang terkenal akan keindahan ekornya itu mengenakan Thulik, pakaian adat laki-laki dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Baju lengan panjang polos berwarna hitam yang dilengkapi kancing emas. Dipadukan dengan celana panjang berwarna senada yang dibalut jarik batik. Si Jalih juga mengenakan ikat kepala Udeng khas Madura sebagai pelengkap. 

BACA JUGA:KPU Jatim Pastikan Pilgub Jatim 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Sementara itu, proses peluncuran dilakukan secara simbolik. Ditandai ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh jajaran Forkopimda di tengah panggung.

Diantaranya, Komisioner KPU Jatim, perwakilan Komisioner KPU RI, PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay.


Peluncuran Resmi Pilkada Jatim 2024-Julian Romadhon-Harian Disway

"Jingle maupun maskot yang kita launching merupakan salah satu alat sosialisasi agar masyarakat mudah mengingat akan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2024," ujar Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi.

Dalam malam yang menggembirakan ini, KPU Jawa Timur juga menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yang diserahkan oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri kepada Ketua KPU Jawa Timur Aang Kunaifi. 

"Alhamdulillah Jawa Timur dianugerahi sebagai pemilik Rekor untuk peluncuran maskot dan jingle dengan peserta penyelenggara pemilu terbanyak se-Indonesia," imbuh Aang. 

BACA JUGA:KPU Jatim Kebut Tuntaskan Rekapitulasi Penghitungan Suara Provinsi Hingga Subuh

Disamping itu, Komisioner KPU RI August Mellaz memberikan apresiasi kepada KPU Jatim. Ia menilai tahapan Pemilu yang biasanya diwarnai urusan politik, bisa dikemas dengan suasana yang begitu meriah.

"Anda punya tanggung jawab tidak hanya menyelenggarakan pemilihan gubernur, tetapi melakukan supervisi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota maupun Wakil Wali Kota,” ujar Komisioner KPU RI August Mellaz yang hadir mengenakan pakaian adat Thulik, persis seperti Si Jalih.

Tak kalah menarik, peluncuran Pilgub Jatim ini menghadirkan dua penyanyi Gilga Sahid dan Happy Asmara. Mereka sukses menghibur ribuan warga Jatim yang datang dengan lagu-lagu yang dibawakannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: