7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

Ini 7 cara efektif menghilangkan mata sembap setelah menangis dengan cepat. --ilustrasi

Mata sembap juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah, seperti menyamping atau tengkurap semalaman. Posisi tidur ini mengakibatkan cairan mengumpul di bawah mata selama tidur.

4. Alergi

Mata sembap akibat alergi disebabkan oleh kontak antara mata dengan alergen seperti debu, bulu hewan, serbuk sari tanaman, hingga polusi atau asap. Reaksi alergi ini memicu tubuh untuk melepaskan histamin yang menyebabkan mata sembap dan kemerahan, berair, serta gatal-gatal. Selain itu, reaksi alergi juga bisa disertai dengan hidung tersumbat dan bersin-bersin.

BACA JUGA:Sebel Punya Mata Panda? Ada Lima Produk Eye Cream yang Bisa Mengusirnya

BACA JUGA:4 Pilihan Eye Cream Lokal yang Ampuh Hempaskan Mata Panda

Cara Menghilangkan Mata Sembap

1. Kompres Dingin Area Mata

Untuk mengurangi pembengkakan pada mata sembap, cobalah menggunakan kompres dingin. Ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin. Duduk atau berbaring dengan nyaman, lalu tempelkan kompres tersebut di sekitar mata, sambil ditekan-tekan dengan lembut.

2. Tempelkan Irisan Mentimun atau Kantung Teh


7 CARA efektif menghilangkan mata sembap dengan cepat. Memakai kantung teh yang telah didinginkan.-MedicalNewsToday-

Selain mengompres dengan air dingin, Anda juga bisa menempelkan irisan mentimun dingin di mata. Caranya, tempelkan irisan mentimun sampai rasa dinginnya hilang.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kantung teh yang mengandung kafein, yang membantu meredakan pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah di area mata.

Basahi dua kantung teh, dinginkan di dalam kulkas selama sekitar 20 menit. Lalu letakkan di mata selama 15-30 menit. Jika belum ada perubahan, ulangi beberapa jam sekali.

BACA JUGA:Tip Aman Penggunaan Ponsel dari Kemenkes, Kesehatan Mata Tetap Harus Dijaga

3. Gunakan Krim atau Serum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: healthline