Kemenag Tegaskan Larangan Bagi Jemaah Untuk Membawa Air Zamzam Dalam Koper Bagasi, Koper Bisa Dibongkar

Kemenag Tegaskan Larangan Bagi Jemaah Untuk Membawa Air Zamzam Dalam Koper Bagasi, Koper Bisa Dibongkar

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri, Saiful Mujab-Kemenag RI-

HARIAN DISWAY - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengingatkan jemaah Haji Indonesia untuk tidak memasukkan air zamzam dalam berbagai kemasan ke dalam tas koper.

Sebab, air zamzam termasuk barang yang tidak diperkenankan oleh aturan penerbangan untuk dimasukkan ke dalam koper bagasi.

Pesan ini disampaikan Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menyusul masih ditemukannya koper bagasi jemaah yang berisi air zamzam dengan berbagai kemasan saat dilakukan proses X-Ray di gudang pemeriksaan.

BACA JUGA:Seribu Orang Jemaah Haji Wafat Akibat Panas Ekstrem, 80 Persen Haji Ilegal

Dalam proses pemulangan jemaah haji, Koper bagasi jemaah akan ditimbang terlebih dahulu pada dua hari sebelum jadwal keberangkatan untuk kemudian dibawa ke gudang pemeriksaan.


Koper-koper jamaah haji yang akan meninggalkan Madinah untuk ke Indonesia. --Media Center Haji

Berat maksimal koper bagasi adalah 32 kg. 

Koper yang sudah ditimbang dan sesuai ketentuan, dibawa ke gudang untuk dilakukan proses pemeriksaan X-Ray.

Pemeriksaan guna memastikan tidak ada barang yang dilarang dalam regulasi penerbangan yang masuk dalam koper bagasi jemaah.

BACA JUGA:Cegah Kematian Jemaah Dalam Jumlah Besar, Pakar Dorong Arab Saudi Tingkatkan Infrastruktur Kesehatan

“Sepekan proses pemulangan, masih banyak koper bagasi jemaah yang ditemukan membawa air zamzam. Akibarnya, koper-koper tersebut dibongkar di gudang pemeriksaan, untuk dikeluarkan air zamzamnya,” tegas Saiful Mujab di Madinah, Sabtu, 29 Juni 2024.


Koper milik Jemaah Haji diangkut dengan truk ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah-Kemenag-

“Jadi kami pesan sekali lagi, jemaah dilarang memasukkan air zamzam dalam koper bagasi. Sebab, jika terindikasi ada, maka koper bagasi itu akan dibongkar dan air zamzam dikeluarkan. Air zamzam sangat mudah terdeteksi di X-Ray,” sambungnya.

Setiap jemaah kata Saiful akan mendapatkan lima liter Air zamzam dalam kemasan galon yang akan dibagikan setibanya di Asrama Haji di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: