7 Tanda Pasangan Kamu Seorang Gaslighter, Hati-hati Manipulasi Emosi

7 Tanda Pasangan Kamu Seorang Gaslighter, Hati-hati Manipulasi Emosi

Gaslighter adalah seseorang yang menggunakan manipulasi psikologis untuk membuat orang lain meragukan kenyataan atau ingatan mereka sendiri. --pinterest

Seorang gaslighter akan membuatmu merasa bersalah atas segala sesuatu yang salah dalam hubungan. Mereka bisa menggunakan rasa bersalah untuk mengendalikan tindakan dan keputusanmu.

Jika pasanganmu selalu menyalahkanmu atau membuatmu merasa bahwa kamu adalah penyebab masalah, itu bisa menjadi tanda gaslighting.

5. Menyerang Karaktermu

Gaslighter sering menyerang karaktermu dan mencoba meruntuhkan harga dirimu. Mereka mungkin menggunakan kritik yang tidak konstruktif atau komentar negatif tentang dirimu untuk membuatmu merasa tidak berharga.

Serangan itu bisa halus atau terang-terangan, tetapi tujuannya adalah untuk membuatmu meragukan dirimu sendiri.

BACA JUGA:Jangan Ilfeel Dulu! Penting Untuk Kenali Karakter Pasangan Anda Berdasarkan Zodiak

6. Mengisolasi dari Orang Lain

Gaslighter sering mencoba memisahkanmu dari teman dan keluarga yang bisa memberimu dukungan. Mereka mungkin mengkritik atau memfitnah orang-orang terdekatmu untuk memutus hubunganmu dengan mereka.

Tujuannya adalah untuk membuatmu bergantung sepenuhnya pada mereka sehingga lebih mudah untuk mengendalikanmu.

7. Menggunakan Kebohongan dan Penyangkalan

Kebohongan dan penyangkalan adalah senjata utama gaslighter. Mereka akan berbohong tentang hal-hal kecil maupun besar untuk membuatmu meragukan realitas.

Mereka juga cenderung menolak bukti yang bertentangan dengan narasi mereka, membuatmu merasa tidak ada yang bisa dipercaya kecuali mereka.

BACA JUGA:Punya Pacar Bule? Ini 5 Tips Agar Langgeng Menjalani LDR dengan Pasangan Beda Negara


7 Tanda Pasangan Kamu Seorang Gaslighter, Hati-hati Manipulasi Emosi. Seorang gaslighter akan berbohong tentang hal-hal kecil maupun besar untuk membuatmu meragukan realitas.-freepik-freepik.com

Apa yang Harus Dilakukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: