Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat di Dagu dengan Bahan Alami, Salah Satunya dengan Lidah Buaya

Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat di Dagu dengan Bahan Alami, Salah Satunya dengan Lidah Buaya

Ini dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Foto: Jerawat di dagu dapat mengurangi kepercayaan diri. --Pinterest

HARIAN DISWAY – Jerawat adalah masalah kulit wajah yang umum dialami oleh banyak orang, terutama pada bagian dagu. Bagi sebagian orang, jerawat di dagu menjadi masalah yang dapat menggangu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri.

Tapi nggak perlu khawatir, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi jerawat di dagu. Eitss, sebelum membahas cara mengatasinya, penting banget untuk memahami beberapa penyebab jerawat di dagu. Berikut ini beberapa penjelasan penyebab munculnya jerawat di dagu:


Ini dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Foto: Penggunaan masker secara terus-menerus dapat menyebabkan jerawat di dagu. --Pinterest

1. Perubahan Hormon

Pada saat masa pubertas atau siklus menstruasi menyebabkan produksi sebum berlebih. Hal ini dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat.

BACA JUGA: 6 Tips Atasi Jerawat Tanpa Memencet

2. Kurangnya Kebersihan Kulit

Jarang membersihkan wajah secara teratur dapat menyebabkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati menumpuk, apalagi Anda sering memakai make up secara berlebih dan tidak di double cleansing.

Secara otomatis kotoran akan terus menumpuk dan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Sering Menyentuh Wajah Dalam Kondisi Tangan Tidak Steril

Sering menyentuh wajah dengan tangan yang tidak steril dapat meningkatkan risiko jerawat karena transfer kotoran dan bakteri ke kulit. 

BACA JUGA:5 Langkah Ini Bisa Atasi Jerawat Membandel saat PMS, Salah Satunya Minum Vitamin Tan Wellness!

Kuman yang ada pada tangan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan di area dagu

4. Stres

Stres yang berlebih dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon yang berlebih ini akan meningkatkan risiko muncul jerawat pada area dagu.

5. Polusi

Paparan polusi udara dapat menjadi faktor penyebab jerawat di dagu karena menyumbat pori-pori kulit dengan partikel-partikel halus yang terbawa angin.

BACA JUGA:Tidak Cukup Cuci Muka, Ini Pentingnya Double Cleansing Agar Kulit Lebih Bersih Bebas Jerawat

Partikel polusi seperti debu dan zat kimia dapat mengendap di kulit wajah, meningkatkan risiko terjadinya peradangan dan jerawat.

6. Memakai Maker

Penggunaan masker dapat menyebabkan jerawat karena adanya penutupan area kulit yang membuat peningkatan kelembaban dan gesekan yang berlebihan. 

Kondisi ini memungkinkan masuknya kotoran, minyak, dan bakteri di bawah masker, yang kemudian dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. 

BACA JUGA:ERHA Hadirkan Exclusive Launch Acneact Trial Kit di Shopee Finest untuk Solusi Kulit Berjerawat

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)


Ini dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya. --Pinterest

Lidah buaya dapat digunakan dengan cara mengambil gelnya dari daun segar, lalu dioleskan langsung ke area jerawat di dagu. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Gel lidah buaya ini dikenal karena sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi peradangan serta mempercepat penyembuhan kulit.

BACA JUGA: Weekend Gabut? Ini Resep Puding Lidah Buaya yang Bisa Anda Praktikkan dan Intip Manfaatnya!

2. Madu


Ini dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Foto: Madu bisa menjadi bahan alami untuk mengobati jerawat di dagu. --Pinterest

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker pada daerah dagu yang berjerawat. Oleskan tipis-tipis madu alami dan biarkan selama 10-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan

BACA JUGA: 7 Manfaat Rebusan Daun Sirsak dan Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker!

3. Teh Hijau


Ini dia penyebab dan cara mengatasi jerawat di dagu dengan bahan alami, salah satunya lidah buaya. Foto: Teh hijau bisa menjadi bahan alami untuk mengobati jerawat di dagu. --Pinterest

Teh hijau bisa diaplikasikan setelah diseduh dan didinginkan. Gunakan kapas untuk mengoleskan teh hijau ke daerah dagu yang berjerawat. Teh hijau mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan serta peradangan pada jerawat.

BACA JUGA: Jangan Buang Biji Alpukat! Diolah Menjadi Teh Manfaatnya Luar Biasa!

Ingat! Bahwa penggunaan bahan alami dapat memerlukan waktu yang lebih lama untuk melihat hasilnya dibandingkan dengan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia aktif. 

Namun, penggunaan bahan alami dapat membuat kulit menjadi lebih lembut pada kulit dan dapat memberikan hasil jangka panjang yang lebih baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: