Pertama di Surabaya, Alternatif Sehat Bio Energy Medical Chi Kung Resmi Berdiri

Pertama di Surabaya, Alternatif Sehat Bio Energy Medical Chi Kung Resmi Berdiri

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan berdirinya bio medical chi kung. Alternatif sehat berbasis olah napas. Para undangan yang hadir dalam peresmian bio energy medical chi kung, pada 10 Juli 2024.-Boy Slamet-HARIAN DISWAY

“Di Taiwan ada semacam BPJS seperti di Indonesia. Dengan popularitas chi kung, jumlah penggunanya menurun tajam. Bahkan sampai 60 persen. Karena masyarakat sudah sehat semua dengan chi kung,” ungkap pria asli Taiwan yang mengagumi budaya Indonesia itu.

Maka di Taiwan, pemerintah setempat memberi imbuhan “bio energy medical” di depan kata “chi kung”. Lengkapnya menjadi: bio energy medical chi kung. Sebab, manfaat medis dari olahraga chi kung begitu dirasakan oleh warga di Taiwan.

Saat didirikan di Indonesia, khususnya di Surabaya pada 2016, namanya ditulis lengkap: bio medical chi kung. “Supaya masyarakat tahu bahwa ada alternatif olahraga menyehatkan yang dapat diikuti. Praktiknya pun tak sulit. Malah sangat mudah. Hanya mengatur napas dan energi dalam tubuh,” ungkap Tony.


Pertama di Surabaya, alternatif sehat bio energy medical chi kung resmi berdiri. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersiap meresmikan berdirinya bio energy medical chi kung di Surabaya.-Boy Slamet-HARIAN DISWAY

BACA JUGA:Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Wali Kota Eri didapuk meresmikan bio medical chi kung. Sebelumnya, ia menyampaikan antusiasme terkait keberadaan olahraga chi kung yang terbilang baru di Indonesia. Khususnya di Surabaya. 

“Saat di jalan, saya sempat rasan-rasan (bergunjing, Red) sama istri. Kalau ikut chi kung, perut bisa mengecil nggak ya? Kalau bisa, berapa lama?” ujarnya, kemudian tertawa. 

Ia menyebut bahwa olahraga chi kung dapat membantu masyarakat Surabaya untuk mendapatkan alternatif sehat. “Saya yakin di Surabaya ini chi kung akan mendapatkan banyak peminat,” ungkapnya.

BACA JUGA:10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

Peresmian bio medical chi kung ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Eri. Ia didampingi Indah Kurnia bersama para pengurus Duta Taichi serta perwakilan para laoshi taichi dan laoshi chi kung. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: