Adakan Pameran Geospatial Exhibition, BIG Gelar One Map Policy Summit 2024

Adakan Pameran Geospatial Exhibition, BIG Gelar One Map Policy Summit 2024

Adakan Pameran Geospatial Exhibition, BIG Gelar One Map Policy Summit 2024--Badan Informasi Geospasial

Harian Disway- Badan Informasi Geospasial (BIG) gelar pertemuan Kebijakan Satu Peta (KSP) atau One Map Policy (OMP) yang dilaksanakan pada 11-12 Juli di Hotel St. Regis, Jakarta.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk melakukan diskusi keberlanjutan pelaksanaan KSP dan untuk mendorong solusi atas isu-isu pemanfaatan data spasial.

Hadir dalam acara ini, beberapa kementerian pemerintahan dan komunitas besar beserta jajarannya.

KSP memiliki peran penting sebagai satu standar referensi basis data geoportal yang terunifikasi, akurat, dan akuntabel untuk membantu mempercepat pembangunan Indonesia.

KSP berdiri sejak delapan tahun yang lalu, melalui Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 yang kemudian diperbaharui menjadi Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021.

BACA JUGA:Berpotensi Hadapi Poros PKB-PDIP, Khofifah: Semua Orang Berhak Dipilih dan Memilih

BACA JUGA:Korupsi di Pemkot Semarang, KPK Cegah 4 Orang Bepergian ke Luar Negeri

Kebijakan Satu Peta (KSP) memiliki 4 tahapannya, yakni kegiatan kompilasi dan integrasi dan kegiatan berbagi pakai data dan informasi geospasial (IG) yang dikoordinasi langsung oleh BIG, dan  kegiatan sinkronisasi yang dikoordinasi oleh kementerian koordinator bidang perekonomian.

Salah satu kegiatan dalam BIG yang dilaksanakan dalam OMP summit 2024 adalah kegiatan Geospatial Exhibition yang bertujuan untuk menampilkan berbagai bentuk pameran.

BIG juga ikut meramaikan dalam kegiatan ini dengan menampilkan  Geoportal KSP dan progres kegiatan kompilasi, integrasi dan publikasi data yang diberikan oleh para wali data yang hadir.

Sekretaris Utama BIG, Belinda Arunarwati Margono menyampaikan bahwa diadakannya acara Geospatial Exhibition sebagai sosialisasi kepada masyarakat terkait kegiatan yang sedang dikerjakan oleh BIG sehingga dapat diketahui dan digunakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Ulurkan Tangan Rajut Kebersamaan: Kegiatan KKN Sosialisasi dan Santunan Mahasiswa Fakultas Hukum, UPN Veteran Jawa Timur

BACA JUGA:James David Vance, Pengkritik Trump Jadi Cawapres, Bisa Jadi Bumerang Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: