Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Kota Semarang Juan Rama Soemarmo: Tian Dao Wu Qin, Chang Yu Shan Ren

Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Kota Semarang Juan Rama Soemarmo: Tian Dao Wu Qin, Chang Yu Shan Ren

Cheng Yu Pilihan Anggota DPRD Kota Semarang Juan Rama Soemarmo: Tian Dao Wu Qin, Chang Yu Shan Ren-HARIAN DISWAY-Dokumen Pribadi

Kecuali Anda hidup sendirian di pulau terpencil yang mustahil dijamah orang lain, Anda baru boleh untuk egois. Namun, sepanjang Anda masih punya tetangga, rasanya akan sulit sekali bagi Anda untuk tidak kembali ke kodrat manusia yang makhluk sosial. Karena itu, berbuat baik kepada sesama adalah niscaya.

Tentu, untuk bisa begitu, Anda harus rajin-rajin memupuk rasa empati, rajin-rajin belajar memosisikan diri di posisi orang lain, rajin-rajin mengurangi hasrat untuk memaksakan kehendak diri kepada orang lain. Misalnya, kalau Anda tidak terima dikibuli orang lain, ya jangan pernah mengibuli orang lain. Kalau Anda tidak terima orang lain tidak menepati janjinya kepada Anda sekalipun cuma satu kali, ya jangan pernah mengobral janji-janji palsu kepada orang lain.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Ketua Umum DPP Sinode Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (JAGI) Pdt. Aryanto Nugroho: Zhi Zhi Wei Zhi Zhi, Bu Zhi Wei Bu Zhi

Syukur kita hidup di Indonesia, yang masyarakatnya gemar bergotong royong dan politisinya adalah para begawan yang berkomitmen melayani rakyatnya. Kontras sekali dengan masyarakat di negeri Konoha yang senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang; dan politikusnya tak henti-hentinya diberitakan berjemaah mengadali rakyatnya kendati sudah bersumpah atas nama Tuhan.

Makanya, Juan Rama Soemarmo mengajak kita untuk senantiasa eling pada pitutur Jawa tentang hakikat Tuhan. "Gusti iku bagusing ati," kata anggota DPRD Kota Semarang dan sekretaris DPC PKB Kota Semarang ini. Maksudnya, Tuhan berada di dalam hati manusia yang baik. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Tengah Wulan Rudy Prasetiyo: Shen Cang Ruo Xu

Bahasa Jawa sengaja menyebut-Nya "gusti", yang konon merupakan akronim dari "bagusing ati" (bagus hatinya), untuk mengisyaratkan bahwa, sebagaimana yang Lao Tzu nyatakan dalam kitab Tao Te Ching, "天道无亲, 常与善人" (Tiān dào wú qīn, cháng yǔ shàn rén): Tuhan memang tidak pilih kasih, namun acap bersama orang baik.

"So use your energy to believe, create, trust, goal, and heal. Gunakan hatimu sebagai kepanjangan tangan Tuhan di dunia untuk berbuat baik kepada seluruh mahluk ciptaan-Nya," ajak Juan Rama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: