Dari Olahraga hingga Mindful Eating, Ini 5 Langkah Mudah Wujudkan Gaya Hidup Sehat

Dari Olahraga hingga Mindful Eating, Ini 5 Langkah Mudah Wujudkan Gaya Hidup Sehat

Usahakan untuk berkomitmen pada rutinitas olahraga secara teratur, dengan target minimal 30 menit setiap hari. --Freepik

HARIAN DISWAY – Siapa yang tidak ingin hidup sehat dan bahagia? Untuk mewujudkannya mudah. Cukup terapkan 5 langkah berikut. Dijamin, Anda bisa memulai perjalanan menuju gaya hidup yang lebih baik.

1. Tulis Visi dan Misi di Jurnal Harian

Mulailah proses menulis visi dan misi hidup anda dengan jelas dan rinci. Definisikan pula tujuan kesehatan Anda. 

BACA JUGA:7 Manfaat Susu Beruang Untuk Kesehatan

Buatlah catatan yang mendalam mengenai apa yang ingin Anda capai. Apakah itu penurunan berat badan yang spesifik, peningkatan energi yang lebih tinggi, atau menerapkan rancangan kiat-kiat menuju kesehatan yang lebih baik. 

Dengan menuliskan semua detail tersebut, Anda tidak hanya akan memiliki panduan yang jelas. Tetapi juga akan lebih termotivasi, fokus, dan berusaha keras mencapai tujuan-tujuan tersebut.


Dari Olahraga hingga Mindful Eating, Ini 5 Langkah Mudah Wujudkan Gaya Hidup Sehat. Mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran dapat membuat tubuh lebih sehat.-freepik-freepik.com

BACA JUGA:Musim Bediding, Ini 7 Tip Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh

2. Menerapkan Mindful Eating

Mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran, adalah sebuah pendekatan yang melibatkan perhatian penuh saat mengonsumsi makanan. 

Itu berarti bahwa setiap kali Anda makan, Anda fokus pada setiap gigitan dengan sepenuh hati. Perhatikan dengan saksama tekstur dan rasa dari setiap suapan, serta nikmati sensasi yang ditawarkan oleh makanan tersebut. 

Selain itu, penting untuk mendengarkan dan memahami sinyal lapar dan kenyang yang diberikan oleh tubuh. Dengan menerapkan prinsip-prinsip mindful eating, Anda akan lebih mampu menikmati makanan secara mendalam dan memuaskan, serta lebih sadar akan kebutuhan tubuh. 

BACA JUGA:Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Boleh Dilewatkan

Hal itu cenderung membuatmu makan dalam porsi yang lebih wajar dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Selain meningkatkan pengalaman makan secara keseluruhan, mindful eating juga dapat membantu dalam mengelola berat badan.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga baik untuk fisik dan mental. Cobalah berbagai bentuk olahraga dan temukan jenis olahraga yang paling sesuai dengan preferensi dan gaya hidup Anda. 

BACA JUGA:Kenali Faktor yang Mempengaruhi Gangguan Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Usahakan untuk berkomitmen pada rutinitas olahraga secara teratur, dengan target minimal 30 menit setiap hari. Dengan membuat olahraga sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari, Anda tidak hanya memperkuat tubuh, tetapi juga merawat kesehatan mental. 

Itu akan membantu Anda merasa lebih enerjik, lebih fokus, dan lebih positif, serta memberikan manfaat jangka panjang untuk kesejahteraan secara keseluruhan. 

Selain itu, rutinitas olahraga yang konsisten juga dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu mengelola berat badan dengan lebih efektif.

BACA JUGA:Hobi Begadang? Hati-hati, Night Eating Syndrome!


Dari Olahraga hingga Mindful Eating, Ini 5 Langkah Mudah Wujudkan Gaya Hidup Sehat. Cara mudah hidup sehat salah satunya adalah mengelola stres dengan baik.-benzoix-freepik.com

4. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik. 

Dampak dari stres yang berkepanjangan dapat mencakup berbagai masalah kesehatan. Seperti gangguan tidur, tekanan darah tinggi, sistem kekebalan tubuh yang melemah, serta berbagai gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah meditasi, yoga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu menikmati alam.

BACA JUGA:Jangan Minum dan Begadang

5. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Usahakan tidur 7 sampai 8 jam setiap malam. Selain itu, pastikan lingkungan tidur Anda nyaman dan tenang.

Dengan memastikan bahwa Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Anda tidak hanya dapat lebih segar dan enerjik. Tetapi juga mendukung kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Bingung Sering Mengantuk, Padahal Merasa Tidur Cukup? Atasi Dengan Cara Berikut.

Tidur yang baik dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati. Sehingga memungkinkan Anda untuk menjalani hari-hari dengan lebih produktif dan positif. (*)

*) Peserta magang reguler di Harian Disway, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: