Tim PKM Polinema Dorong Bengkel Sudimoro Diesel Malang Raih Loyalitas Pelanggan

Tim PKM Polinema Dorong Bengkel Sudimoro Diesel Malang Raih Loyalitas Pelanggan

TIM Politeknik Negeri Malang (Polinema) melaksanakan program kegiatan masyarakat (PKM) di Bengkel Sudimoro Diesel, Malang. -istimewa-

POLITEKNIK Negeri Malang (Polinema) melalui program kegiatan masyarakat (PKM) mengadakan penyuluhan di Bengkel Sudimoro Diesel Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan. Program itu merupakan implementasi dari hasil riset berjudul Menakar Loyalitas Pelanggan yang diterbitkan dalam bentuk book chapter pada Oktober 2021 oleh Polinema Press.

Bengkel Sudimoro Diesel yang berlokasi di Jalan Sudimoro Dalam, Malang, adalah usaha yang telah berdiri sejak Januari 2005. Pemilik bengkel, Bapak Sugiono, memulai usahanya setelah bekerja selama 17 tahun di Industri & Bengkel HOK.

Berbekal pengalaman dan jaringan pelanggan yang luas, usaha itu berkembang menjadi bengkel mobil diesel yang kini juga melayani perbaikan mobil bensin serta body repair dan pengecatan.

BACA JUGA: Mahasiswa Polinema Bikin Digital Travel Writing untuk Mendukung Industri Pariwisata

BACA JUGA: Polinema Kembangkan Modul Pembelajaran Robotika untuk Anak Usia Dini

Sayang, meskipun telah beroperasi selama hampir dua dekade, bengkel itu masih menghadapi tantangan dalam memahami pentingnya membangun  loyalitas pelanggan. 

”Selama ini kita lebih banyak fokus mencari pelanggan melalui papan dan kartu nama. Kami juga berencana untuk mencetak kalender dan stiker. Tapi, akhir-akhir ini kami berpikir jika perlu juga untuk meningkatkan kualitas layanan,” ujar Sugiono.

Meski telah memiliki banyak pelanggan, Bengkel Sudimoro Diesel terlihat belum maksimal dalam memberikan pelayanan yang mendukung kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Misalnya, menyediakan area tunggu yang memadai. Padahal, di area tempat usaha masih banyak lahan kosong.

Beberapa titik juga memungkinkan sekali untuk diberi kursi. Antara lain, di dekat pohon jambu dan mangga yang ada di sana. Namun, kenyataannya masih dibiarkan kosong sehingga pelanggan harus berdiri. Dapat dibayangkan kalau seandainya menunggunya cukup lama, hujan lagi.

BACA JUGA: Dosen dan Mahasiswa Teknik Mesin Polinema PSDKU Kediri Pamerkan Teknologi Tepat Guna (TTG) Pengolah Jamu Herbal

BACA JUGA: Listrik Gratis dari Renewable Energy Polinema untuk PPYD Al-Ikhlas

Hal itulah yang menginisiasi tim PKM dari Polinema untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang pentingnya mendapatkan loyalitas pelanggan melalui peningkatan kualitas pelayanan. Tim itu terdiri atas beberapa dosen Polinema. Yaitu, Joko Samboro, Zubaidi, Abdullah Helmy, Yosi Afandi dan Musthofa Hadi.

Dalam pelaksanaannya, penyuluhan itu menekankan bahwa kualitas pelayanan yang baik merupakan kunci untuk membangun loyalitas pelanggan. Mereka menunjukkan bahwa faktor-faktor sederhana, seperti menyediakan tempat duduk bagi pelanggan yang menunggu, dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Dengan adanya program pengabdian masyarakat itu, diharapkan Bengkel Sudimoro Diesel dapat mengadopsi praktik-praktik yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan. Hal tersebut tidak hanya akan membantu mereka mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga menarik pelanggan baru, yang pada akhirnya berkontribusi pada keberlanjutan dan pertumbuhan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: