GIIAS Surabaya 2024 Perkuat Posisi Jatim di Industri Otomotif Nasional

GIIAS Surabaya 2024 Perkuat Posisi Jatim di Industri Otomotif Nasional

Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat membuka GIIAS Surabaya 2024 di Grand City Convex, Rabu, 28 Agustus 2024.-Boy Slamet/Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya resmi dimulai. Pameran otomotif bergengsi tersebut yang dilaksanakan selama lima hari, di Grand City Convention and Exhibition Surabaya. Mulai 28 Agustus - 1 September 2024.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan, industri otomotif menjadi salah satu sektor industri andalan di Jawa Timur. Bahkan hingga Maret 2024 kemarin, tercatat nilai ekspor Jatim untuk sektor industri otomotif mencapai USD 117,6 juta.

“Kami optimistis GIIAS ini akan memperkuat posisi Jatim dalam industri otomotif nasional dan internasional. Untuk mencapai itu tentunya harus terus meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar produk otomotif," kata Adhy saat menghadiri Pembukaan GIIAS, Rabu 28 Agustus 2024.

Berdasarkan Pusdatin Kemenperin RI, tren ekspor industri otomotif Jatim mencatatkan performa sangat baik. Di 2022, nilai ekspor mencapai USD 568,5 juta.

BACA JUGA:Laris di Jakarta, BYD M6 Diboyong ke GIIAS Surabaya 2024, Simak Keunggulan Spek dan Harganya!

BACA JUGA:GIIAS Surabaya 2024, Nissan Hadirkan All-new Nissan Serena e-Power dengan Fitur Elektrifikasi

Bahkan periode Januari - Maret 2024, nilai ekspor mencapai USD  117,6 juta dengan tujuan utama ekspor ke beberapa negara, yakni Jepang, Amerika Serikat dan Timor Leste. 


GIIAS Surabaya 2024, Nissan Hadirkan All-new Nisan Serena e-Power dengan Fitur Elektrifikasi. Dua model di depan Nissan Serena e-Power dalam GIIAS Surabaya 2024.-Nissan-

Adhy mengatakan pameran otomotif tidak sekadar menumbuhkan roda perekonomian. Melainkan juga turut mendorong inovasi industri otomotif. Khususnya dalam pengembangan kendaraan listrik dan teknologi ramah lingkungan

“Hal ini sejalan dengan pengurangan gas emisi karbon serta mencapai target keberlanjutan lingkungan yang telah ditetapkan,” jelasnya. 

Menurutnya, teknologi kendaraan yang ramah lingkungan serta inovasi kekinian yang perlu dilakukan mengingat persaingan sangat luar biasa.

BACA JUGA:Dalam GIIAS Surabaya 2024, Hyundai Hadirkan 2 Mobil Listrik All new KONA Electric dan IONIQ 5 N.

BACA JUGA:Jelang GIIAS 2024, Hyundai Optimis Hadapi Tantangan Harga dan Infrastruktur Mobil Listrik

Terlebih saat ini tren Masyarakat Jatim yang membutuhkan kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: