Dengan Medium Tirtha, Prajna Dewantara Wirata Siapkan Pameran Tunggal Janmashtami sebagai Momentum Suci

Dengan Medium Tirtha, Prajna Dewantara Wirata Siapkan Pameran Tunggal Janmashtami sebagai Momentum Suci

Dalam karyanya yang memanfaatkan tirtha itu sebagai mediumnya, maka Prajna Dewantara Wirata bukan sedang berkarya semata. Namun, dia mendapatkan hal yang lebih bernilai spiritual. Dia bahkan merasakan ada koneksi yang magis dengan tirtha itu. -Prajna Dewantara Wirata-

Proses ini mewujudkan esensi pertobatan dan penebusan. Karena setiap guratan dan riak mencerminkan perjalanan menuju pengampunan dan transformasi. Melalui tirtha, Prajna menemukan jalan menuju kedamaian batin.

BACA JUGA: Mooi Indie dalam Pameran Lukisan Djitoe Memberi Kebaruan Perspektif

Media yang tidak hanya membentuk kanvas tetapi jiwanya sekaligus. Ini sesuai dengan keberadaan dalam agama Hindu. Air memainkan peran yang sangat sejak lama. Air dipandang dengan hormat karena kemampuannya untuk memurnikan dan menjadi sumber kehidupan.

Karena itu, air selalu hadir dalam semua ritual penting dalam agama Hindu seperti pooja, pernikahan, kelahiran dan kematian. Karena diperlakukan sangat suci itulah, tirtha menjadi sumber pembersihan spiritual.

Itulah alasan terbesar Prajna hingga dia bisa mempersembahkan Janmashtami. Baginya ini momentum suci. “Pameran Janmashtami ini bisa dikatakan ritual juga. Maknanya membangkitkan spirit saya yang ingin terlahir kembali", tegas Prajna. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: