Ikuti Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus, Ribuan Umat Katolik Dilayani dengan Baik

Ikuti Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus, Ribuan Umat Katolik Dilayani dengan Baik

Tampak ribuat umat Katolik yang mengikuti misa akbar bersama Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 5 September 2024. --

HARIAN DISWAY - Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus disambut ribuan umat Katolik yang mengikuti misa di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 5 September 2024.

Didi, salah seorang staf Komlit (Komisi Liturgi) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), mengatakan ada sekitar 1000-an petugas liturgi yang terlibat dalam pembagian komuni di misa akbar yangdigelar mulai pukul 17.00 WIB.

"Saya sendiri kebagian tugas mengkoordinir untuk mengumpulkan sibori-sibori tempat hosti pada komuni. Perlengkapan sibori tersebut dipinjam dan dikumpulkan dari setiap Paroki di Keuskupan Agung Jakarta," ujar pria asal Malang itu.

BACA JUGA: 4 Motto Kunjungan Paus Fransiskus ke Asia Tenggara, Tekankan Perdamaian dalam Keberagaman

Dijelaskan oleh Didi, para petugas yang melayani pembagian Komuni mencapai 800-an orang terdiri dari para pastor, bruder, suster, frater dari berbagai wilayah keuskupan. Semua memastikan pelaksanaan misa bisa berjalan dengan baik.

Sebelumnya di seputaran Tribun GKB, sejumlah anggota tim Misdinar atau Putera Altar bersiap-siap mematangkan tugas pelayanannya. Mereka juga bekerja sebaik-baiknya untuk menjamin kenyamanan umat yang mengikuti misa.

Momen langka ini dirasakan dengan senang oleh Lilis dan tiga temannya yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Lilis sangat bersyukur mendapat kesempatan yang langka mengikuti misa bersama Paus Fransiskus. Ia sangat senang dan antusias.

BACA JUGA: Total ada 7 Orang yang Diamankan Densus 88 Selama Kunjungan Paus Fransiskus

Tak disangka dia menjadi salah seorang umat yang berkesempatan ikut acara misa suci agung bersama pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus. Cuaca yang sangat panas tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti misa.

Seperti Lilis, semua umat dilayani dengan baik. Yang kebingungan mencari tempat duduk, dilayani dan diarahkan volunter yang ramah. Mereka diarahkan mendapat tempat duduk di samping altar dan lapangan sesuai gelang yang dikenakan.

Sekitar pukul 15.24 WIB, cuaca yang tadinya mendung berubah jadi cerah. Sinar matahari menyinari lapangan GBK. Giliran tribun sebelah barat kebagian terang matahari. Yel-yel peserta di sekeliling tribun Stadion Gelora Bung Karno terus bergaung.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Tinggalkan Indonesia ke Papua Nugini Naik Pesawat Garuda Indonesia

Hal itu menambah semarak suasana menjelang misa dalam rangka kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, selama 3-6 September 2024. Suasana semakin meriah ketika mobil yang membawa Paus Fransiskus memasuki gerbang tribun GBK.

Setelah sebelumnya mobil melintasi Stadion Madya. Mobil Paus berjalan mengelilingi separuh lingkaran GBK menuju Tribun Altar yakni tempat Perayaan Ekaristi Kudus yang diikuti total sekitar 86 ribuan umat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: