Seniman Antonius Kho Pamerkan Lukisan Robot Hewan di Solo Exhibit Artotel TS Surabaya

Seniman Antonius Kho Pamerkan Lukisan Robot Hewan di Solo Exhibit Artotel TS Surabaya

Bella Austin (Kiri) dan Antonius Kho (Kanan) dalam Konferensi Pers Robot Love Solo Exhibition by Antonius Kho di Artotel Artspace, Artotel TS Surabaya pada Jumat, 9 September 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-

Antonius Kho menyelesaikan studinya di FH-Cologne Art Academy yang berfokus pada studi glass painting & textile art-tapestry. Sejak 1984, ia telah mengadakan pameran di dalam negeri maupun luar negeri.

Mulai dari Indonesia, India, Jerman, Belanda, Perancis, Amerika, Korea Selatan, hingga Cina. Dengan mudah, pameran seni lukis Love Robot ini hanya disiapkan selama dua bulan sejak pameran yang terselenggara di Jakarta.


Antonius Kho dan Bella Austin Sedang Berbincang atas Karya Don't Bite But Kiss Me di Artotel Artspace, Artotel TS Surabaya pada Jumat, 6 Desember 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-

“Sebelumnya saya ngelukis realis, bentuk manusia. Mulai 2019 saya mulai lukis surealis, agar bisa eksplorasi lagi,” ungkap Antonius sambil menjelaskan karya-karya kepada rekan media.

“Karya-karya yang sedang dipamerkan saat ini merupakan karya yang terinspirasi tentang manusia dan tentang orang-orang. Di negara maju, banyak robot yang diciptakan dan dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia di segala bidang,” kata Antonius.

Di masa depan, imbuhnya, robot akan menggantikan manusia dalam pekerjaan apapun. Pernyataan tersebut tertuang dalam lukisan robot yang diwujudkan dari robot dinosaurus, robot burung hantu, robot panda, robot serangga, hingga robot anjing.

BACA JUGA:Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: Artotel TS Suites (21)

“Favorit saya karya seni yang judulnya Don’t Bite Me But Kiss Me. Pengerjaannya dua minggu dengan ukuran 1x1 meter,” seru Antonius saat ditanya oleh pembawa acara.

Seniman yang akan melangsungkan pameran solonya di Artotel Artspace hingga Desember mendatang itu, mengungkap karya seni Don’t Bite Me But Kiss Me itu berasal dari pengalaman pribadinya yang romantis dan manis. 

“Ini robot dinosaurus. Di setiap karya saya juga ada ciri khas yakni lukisan kecil ini,” ucapnya sambil menunjuk salah satu elemen gambar yang selalu ada di setiap karyanya. Bentuknya seperti gambar burung.

BACA JUGA:Disajikan ala Fusion Food, Menu Baru Artotel TS Suites Surabaya Ini Hadirkan Masakan Jawa yang Modern

Karya seni Don’t Bite Me But Kiss Me itu dipajang di lantai bawah Artotel Artspace bersama 6 karya lainnya.

Tampak secara langsung, karya tersebut memang paling rumit karena hampir semua diisi dengan kain goni dan benang. Berbeda dengan karya lain yang masih hanya dilukis dengan blok warna latar.


Karya One Family Karya Antonius Kho yang dipajang dalam Solo Exhibition Love Robot di Artotel Artspace, Artotel TS Surabaya pada Jumat, 6 September 2024-Vincentius Andito: Harian Disway-

Selain karya tersebut, terdapat dua karya lain yang juga memiliki ukuran 1x1 meter. Seperti karya Hi Guys, What’s Up dan One Family, dipajang bersandingan dengan karya Don’t Bite Me But Kiss Me.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan