Gala Festival Musim Semi 2024 di Tiongkok, Wujudkan Gelombang Baru Mode Tiongkok Modern

Gala Festival Musim Semi 2024 di Tiongkok, Wujudkan Gelombang Baru Mode Tiongkok Modern

Gala Festival Musim Semi 2024 di Tiongkok, Wujudkan Gelombang Baru Mode Tiongkok Modern. Gaya Tiongkok Baru koleksi musim semi dan musim panas 2024 yang dikenakan beberapa model. Busana tersebut karya desainer Miss Min.-China Daily-chinadaily.com.cn

Di media sosial, tren itu telah menciptakan gelombang besar. Pada awal Februari 2024, platform Xiaohongshu mencatat lebih dari 2,6 juta unggahan dengan tagar "New Chinese Style dressing" (Pakaian Gaya Tiongkok Baru). 

Sementara topik serupa di Douyin, platform berbagi video pendek yang sangat populer, memperoleh 10,2 miliar tampilan. Itu menunjukkan betapa besar minat masyarakat terhadap gaya berpakaian yang menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan gaya modern.

Gaya Tiongkok Baru tidak sekadar meniru pakaian kuno. Tetapi lebih pada menyederhanakan bentuk dan struktur pakaian tradisional untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masa kini. 


Gala Festival Musim Semi 2024 di Tiongkok, Wujudkan Gelombang Baru Mode Tiongkok Modern. Gaun gaya Tiongkok baru dan lukisan Tiongkok Kuno yang jadi inspirasi motif dan warna.-China Daily-chinadaily.com.cn

BACA JUGA:Empat Inspirasi Outfit Keren di Bulan Agustus, Bisa Bergaya Sekaligus Merayakan Kemerdekaan!

Pakaian itu menampilkan desain yang menonjolkan kerah tegak, kerah silang, simetri di bagian depan, serta lipatan yang lembut. Kain-kain organik seperti sutra, linen, dan kapas menjadi pilihan utama. Dihiasi dengan dekorasi yang menekankan makna keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Seperti simpul, sulaman, kancing, dan cetakan.

Kombinasi elemen tradisional dengan bahan, teknik, dan teknologi modern itu menampilkan keindahan estetika tradisional Timur. Dipadukan dengan warisan budaya yang kaya.

Pertumbuhan Ekonomi dan Mode Gaya Tiongkok Baru

Tren itu juga tercermin dalam data konsumsi JD Research Institute for Consumption and Industrial Development tahun lalu. Perusahaan itu merilis laporan "Tren Konsumsi Merek Tiongkok". Bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam pembelian produk-produk yang mengandung elemen budaya. 

BACA JUGA:Capsule Wardrobe, Solusi untuk Mereka yang Sering Bingung Pilih Outfit

Antara tahun 2019 hingga 2022, konsumen Tiongkok yang membeli produk-produk berunsur budaya Tiongkok meningkat sebesar 74 persen. Sedangkan pertumbuhan penjualannya mencapai 355 persen. 

Laporan itu menunjukkan minat terhadap budaya tradisional Tiongkok tidak hanya tercermin dalam dunia mode. Tetapi juga dalam berbagai sektor produk lainnya yang membawa keuntungan ekonomi besar.

Data dari Dewan Tekstil dan Pakaian Nasional Tiongkok juga menunjukkan bahwa pasar pakaian Xinzhongshi di Tiongkok mencapai nilai yang mengesankan. Yaitu 1 miliar yuan atau 2,1 triliun rupiah pada tahun 2023. 

Produk-produk terkait bahkan mencatat pertumbuhan yang melebihi 100 persen dalam tiga tahun terakhir. Angka-angka itu menunjukkan bahwa tren mode Gaya Tiongkok Baru semakin mengakar kuat di kalangan masyarakat Tiongkok. Bahkan mungkin akan terus berkembang di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: